EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PKLH DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPS INSTITUT PENDIDIKAN INDONESIA (IPI) GARUT

Diah Ika Putri

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas  google classroom terhadap hasil belajar  Mahasiswa  Semester  III Program  Studi  Pendidikan  IPS  Institut Pendidikan Indonesia Garut.  Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Semester III yang sedang memprogramkan mata kuliah PKLH yang berjumlah 26 orang. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa tes hasil belajar Mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah Presentase nilai mahasiswa diatas KKM, dengan nilai KKM 3,00 sebanyak 80 %, Presentase tingkat penguasaan mahasiswa (Nilai RTP), Menggunakan nilai N-Gain. Hasil penelitian terdapat pengaruh signifikan media pembelajaran google classroom terhadap hasil belajar mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan IPS Institut Pendidikan Indonesia Garut. Hal ini ditunjukkan dengan nilai skor nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa 3,20 yang berada pada kategori tinggi dan nilai persentase KKM 84,6 %, persentase tingkat penguasaan kelas sebesar 80 %, serta nilai N-Gain sebesar 0,63 yang berada pada kategori sedang.

 

Kata Kunci : Efektivitas, Google Classroom, Hasil Belajar, PKLH


Full Text:

PDF

References


DAFTARPUSTAKA

Afrianti, W. E. (2018). Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Akuntansi (Studi Pada Program Studi Akuntansi Universitas Islam Indonesia). Skripsi Dipublikasikan. Universitas Islam Indonesia: Yogyakarta

Hammi, Zedha. (2017). Implementasi Google Classroom Pada Kelas XI IPA MAN 2 Kudus. Universitas Negeri Semarang

Masriyah. (2006). Modul 9 Penyusunan Non Tes. Universitas Terbuka: Surabaya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,

Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Surya, M. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Sutanta. E.(2009). Konsep dan Implementasi E-Learning. Yogyakarta : IST Akprind.

Suyanto, Asep Herman. (2005). Mengenal E-Learning. Universitas Gadjah Mada. [On-Line]. Tersedia : http:www.asep-hs.web.ugm.ac.id.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.