Kebermaknaan dan Efektivitas Kegiatan Praktikum Biologi: Studi Kasus di SMA X Kota Bandung

Rifaatul Muthmainnah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan untuk mempelajari kebermaknaan dan efektivitas kegiatan praktikum biologi di salah satu SMA kota Bandung. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif, melalui pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan praktikum yang telah dilaksanakan menunjukkan kebermaknaan bagi siswa, mulai dari timbulnya aspek fun learning, menguatkan pengetahuan siswa sebelumnya, serta melatihkan berbagai keterampilan psikomotor. Efektivitas pelaksanaan kegiatan praktikum sudah muncul, terlihat dari adanya kesesuaian langkah kerja dengan LKS serta kesesuaian tujuan praktikum dengan pengetahuan yang didapatkan siswa. Temuan studi menemukan beberapa faktor yang dapat mengurangi efektivitas dan kebermaknaan praktikum yang dilaksanakan. Hal ini menjadi tantangan bagi guru untuk mengorganisir kegiatan praktikum yang lebih baik dan lebih efektif agar mengantarkan siswa mencapai kerbermaknaan belajara melalui kegiatan praktikum.

Kata Kunci: Praktikum, Biologi, Efektivitas, Kebermaknaan


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abrahams, I., & Millar, R. (2008). “Does Practical Work Really Work? A study of the effectiveness of practical work as a teaching and learning method in school science”. International Journal of Science Education. 30, (14), 1945–1969.

Abrahams, I., & Reiss, M. (2010). Effective practical work in primary science: The role of empathy. Primary Science. 113 (May/June), 26-27.

Agustina, P. (2015). Modul Praktek Pengembangan Praktikum Biologi Sekolah. Surakarta: Lab. Bio Prodi P. Biologi FKIP UMS.

Akyuni. 2010. Efektivitas Pembelajaran Praktikum Kimia Materi Pokok Reaksi Kimia dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP IPA (Islam Plus Assalamah) Ungaran. Skripsi. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Wali Songo.

Rustaman, N. (2006). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Supriatno, Bambang. (2013). Pengembangan program perkuliahan pengembangan praktikum biologi sekolah berbasis ANCORB untuk mengembangkan kemampuan merancang dan mengembangkan desain kegiatan laboratorium. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Administrasi. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.

Wiyanto. (2008). Menyiapkan Guru Sains Mengembangkan Kompetensi Laboratorium. Semarang: UNNES Pres.

Hasruddin dan Rezeqi, S. 2012. Analisis Pelaksanaan Praktikum Biologi dan Permasalahannya di SMA Negeri SeKabupaten Karo. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED 9(1): 17-32.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.