ANALISIS KINERJA SAINS SISWA KELAS XI MIPA PADA PRAKTIKUM STRUKTUR SEL TUMBUHAN DENGAN MENGGUNAKAN PENUNTUN PRAKTIKUM BERBENTUK KOMIK DI SMA CILEDUG AL-MUSADDADIYAH

Siti Nurkamilah, Nadia Permana, Sri Mulyaningsih

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaaan kinerja sains siswa setelah menggunakan prosedur praktikum berbentuk komik pada praktikum struktur sel tumbuhan di kelas XI MIPA SMA Ciledug Al-Musaddadiyah. Indikator ketercapaian kinerja siswa dinilai dari 25 aspek kinerja praktikum. Aspek-aspek tersebut terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Ciledug Al-Musaddadiyah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi sebagai instrumen utama dan angket sebagai instrumen penunjang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap awal, tahap pelaksanaan dan tahap penutup praktikum termasuk kategori sangat baik. Dari hasil angket respon siswa menunjukkan tanggapan positif dari penerapan penuntun praktikum berbentuk komik tersebut.

Kata Kunci : Kinerja Sains, Penuntun Praktikum Berbentuk Komik


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abrahams, I., & Millar, R. (2008). Does practical work really work? A study of the effectiveness of practical work as a teaching and learning method in school science. International Journal of Science Education, 30 (14), 1945-1969.

Aisya, N. (2013). Analisis relevansi desain kegiatan laboratorium dengan kompetensi dasar pada konsep struktur dan fungsi sel. (Skripsi). Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. UPI.[Online]: Tersedia.

Amalia, L. (2014). Penuntun praktikum anatomi tumbuhan. Pendidikan Biologi. STKIP.

Anonim. (2013). Pengertian sains: Apa itu Sains?. Diakses dari https://pengertianahli.id/2013/12/pengertian-sains-apa-itu-sains.html. Tanggal akses: 12 Maret 2019.

Anonim. (2017). Pengertian komik menurut para ahli, ciri-ciri komik dan jenis-jenis komik. Diakses dari https://www.ayoksinau.com/pengertian-komik-menurut-para-ahli-ciri-ciri-komik-dan-jenis-jenis-komik-ayoksinau-com/. Tanggal akses: 12 Maret 2019.

Anonim. (2017). Pengertian sains, tujuan, ciri & sains menurut para ahli. Diakses dari https://www.artikelsiana.com/2017/11/pengertian-sains-tujuan-ciri-sains.html. Tanggal akses: 9 Agustus 2019.

Ardiansyah, C. (2015). Analisis keterampilan proses sains siswa dengan penerapan pendekatan inquiri pada praktikum sub konsep sel tumbuhan kelas XI IPA di SMA Negeri 20 Garut. Skripsi pada jurusan Pendidikan Biologi STKIP Garut: tidak diterbitkan.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Bulan, I. D. (2018). Perbandingan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran reading guide dan reading aloud pada pokok bahasan pencemaran udara kelas x di sma negeri 6 garut. Skripsi pada jurusan Pendidikan Biologi STKIP Garut: tidak diterbitkan.

Fajar. (2016). Analisis penuntun praktikum berbentuk komik terhadap kinerja sains siswa sma pada praktikum sistem saraf katak. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Biologi UPI Bandung. [Online]: Tersedia.

Fitra. (2018). Sel tumbuhan, pengertian, gambar struktur, fungsi dan contoh. Diakses dari https://rumus.co.id > Sel Tumbuhan. Tangga akses: 20 Juni 2019.

Hanifa, D. (2014). Peranan penuntun praktikum berbentuk komik terhadap keterampilan proses sains siswa SMA pada praktikum uji urin.1-10.

Irnaningtyas & Istiadi,Y. (2014). Biologi untuk SMA/MA kelas XI kelompok peminatan matematika dan ilmu alam. Jakarta: Erlangga.

Maknun, D. dkk. (2012). Keterampilan esensial dan kompetensi motorik laboratorium mahasiswa calon guru Biologi dalam kegiatan praktikum ekologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), hlm.141-148.

Millar, R. (2009). Analysing practical activities to assess and improve effectiveness: The Practical Activity Analysis Inventory (PAAI), York: Centre for Innovation and Research in Science Education.

Mulyani, S. (2006). Anatomi Tumbuhan. Yogyakarta: Kanisius.

Ratnasih, Y. (2017). Analisis psikomotor siswa dalam mekanisme kerja laboratorium pada praktikum sub konsep pemanfaatan limbah botol plastik di SMAN 15 Garut. Skripsi pada jurusan Pendidikan Biologi STKIP Garut: tidak diterbitkan.

Risdalina. (2017). Peningkatan kinerja siswa melalui pendekatan saintifik pada pembelajaran ipa terpadu model webbed.83-89.

Sugiono. (2017). Metode penelitian kuantitaif, kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sundayana, R. (2016). Statistika penelitian pendidikan. Bandung:Alfabeta.

Susiani, L. (2006). Bikin komik dengan adobe ilustator dan adobe photoshop. Diakses dari http://www.tintapendidikanindonesia.com/2016/12/media-pembelajaran-komik.html. Tanggal akses: 19 Mei 2019.

Tatalovic, M. (2009). Science comics as tools for science education and communication: a brief, exploratory study. Journal of Science Communication.1-16.

Widodo, A & Ramdhaningsih, V. (2006). Analisis kegiatan praktikum biologi dengan menggunakan vidio. Metalogika.148-163.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.