PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DENGAN QUESTION STUDENT HAVE (QSH) PADA KONSEP EKOSISTEM DI SMA NEGERI 16 GARUT

Ririn Herlina, Asep Rohayat, De Budi Irwan Taofik

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dengan  Question Student Have (QSH) pada konsep ekosistem di kelas X MIA SMAN 16 Garut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen, dengan desain penelitian berbentuk Group Pretest and Posttest. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIA di SMAN 16 Garut tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri atas enam kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIA 1 dan X MIA 2 dengan jumlah tiap kelas yaitu 30 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling berdasarkan nilai rata-rata hampir sama atau merata. Pengambilan data penelitian menggunakan instrumen penelitian aspek kognitif. Instrumen yang digunakan yaitu berupa tes tulis berbentuk tes objektif yang berupa soal pilihan ganda dengan tes awal (Pretest) dan tes akhir (Posttest). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil analisis data yang dilakukan pada pretest secara statistik diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen I sebesar 66 dan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen II sebesar 62. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan awal siswa yang menggunakan metode pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dengan  Question Student Have (QSH) pada konsep ekosistem. Sedangkan untuk analisis data yang dilakukan pada Posttest secara statistik diperoleh nilai rata-rata antara kelas eksperimen I dan eksperimen II adalah sebesar 71 dan  68.. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) dengan  Question Student Have (QSH) pada konsep ekosistem di SMAN 16 Garut. Dan hasil belajar yang menggunakan metode pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) lebih baik dari pada metode pembelajaran Question Student Have (QSH).

 

      Kata kunci: hasil belajar, Learning Start With A Question (LSQ), Question Student Have (QSH).


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, Jamalong. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif NHT di kelas X sma negeri 1 beduai kabupaten sanggau. (jurnal pendidikan dan kebudayaan, no. 1, januari)

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. (1999). Kurikulum dan pembelajaran Edisi Pertama. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Irnaningtyas. (2006). Biologi sma jilid 1 untuk kelas x. Jakarta: ERLANGA

Krisnawati, A.I. (2012). Perbandingan Pembelajaran Strategi Question Student Have Dengan Learning Start With A Question Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pokok Materi Tumbuhan Tingkat Tinggi Tahun Ajaran 2011/2012. Naskah publikasi pada program studi pendidikan biologi-universitas muhamadiayah Surakarta: tidak diterbitkan

Purwanto, Ngalim. 1994. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

pendidikan akuntansi indonesia. 10 (2). 1-21.

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning Teori dan Apliksi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.