Pengaruh Metode Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Kimia untuk Biologi

Authors

  • Chevi Ardiana Rusmawan Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Sri Mulyaningsih Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Indra Dodo Saputra Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Tsaltsa Nur Aula Fajriah Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • De Budi Irwan Taofik Institut Pendidikan Indonesia Garut

Keywords:

Hasil belajar, Metode belajar, Gaya belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental. Instrumen yang digunakan untuk mempelajari hasil tes pilihan ganda dan digunakan untuk gaya belajar visual adalah kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa diberikan metode pembelajaran ekspositori pada Pembelajaran Tinggi siswa yang diberikan metode pembelajaran konvensional. (2) terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan gaya belajar visual. (3) hasil penelitian dan mahasiswa IPA yang memiliki gaya belajar visual dan metode pembelajaran yang diberikan pembelajaran ekspositori lebih tinggi daripada mahasiswa yang diberikan pembelajaran metode pembelajaran konvensional. (4) hasil penelitian dan mahasiswa IPA yang memiliki gaya belajar visual rendah dan metode pembelajaran yang diberikan pembelajaran ekspositori lebih rendah dibandingkan dengan mahasiswa yang diberikan metode pembelajaran konvensional.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Chevi Ardiana Rusmawan, Sri Mulyaningsih, Indra Dodo Saputra, Tsaltsa Nur Aula Fajriah, & De Budi Irwan Taofik. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Kimia untuk Biologi. Jurnal Life Science : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 57–62. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/LSciences/article/view/1531

Issue

Section

Articles