Pengaruh Media Pembelajaran Flashcard terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bioteknologi di Kelas X SMAN 16 Garut
DOI:
https://doi.org/10.31980/lsciences.v6i2.1613Keywords:
Flashcard, hasil hasil, BioteknologiAbstract
Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah kepasifan siswa selama proses pembelajaran juga
disebabkan oleh pemilihan media pembelajaran yang tidak tepat sehingga menyebabkan rendahnya hasil
belajar siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan penelitian dirumuskan untuk mengetahui
bagaimana pengaruh media pembelajaran flashcard terhadap hasil belajar siswa terhadap materi
bioteknologi di kelas X SMAN 16 GARUT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi
Experiment dengan desain eksperimen yang digunakan yaitu non-equivalent pretest-posttest control
group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 16 GARUT, sedangkan
sampel adalah kelas X J kelas aplikasi media flashcard pada materi bioteknologi dan kelas X L yang
menerapkan media gambar hitam putih pada materi bioteknologi sebagai media pembanding. Instrumen yang
diuji adalah tes objektif (pilihan ganda) dengan total 30 pertanyaan. Berdasarkan tes akhir (posttest)
menggunakan tes t ( (Tes Sampel Mandiri) hasil belajar siswa diketahui Sig.(2-tailed) adalah 0,002 < 0,05, maka
Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan media
flashcard terhadap hasil belajar materi bioteknologi di kelas X SMAN 16 Garut. Penggunaan flashcard nmedia
dapat lebih meningkatkan hasil belajar siswa dilihat dari rata-rata skor posttest pada kelas eksperimen
menggunakan media Flashcard yaitu 77,72 dibandingkan rata-rata skor posttest pada kelas kontrol
menggunakan media gambar hitam putih yaitu 55,94.