Efektivitas Strategi Pembelajaran Everyone is a Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP pada Konsep Ekosistem

Ai Wina Nuraina, De Budi Irwan Taofik

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi Everyone Is a Teacher Here terhadap konsep ekosistem. Desain penelitian ini One Group Pretest Posttest Design. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental. Populasinya dalam penelitian ini adalah siswa kelas tujuan salah satu SMPN di Kabupaten Garut sebanyak 9 kelas. Sementara itu, sampelnya yaitu kelas tujuh B. Tekhnik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengolahan data menggunakan kriteria KKM dan Gain Ternormalisasi serta rata-rata tingkat Penguasaan (RTP).  Berdasarkan hasil post-test yang didapat 28 siswa memperoleh nilai lebih besar 75 dengan persentase 77,78. Penerapan strategi Everyone Is a Teacher Here pada konsep ekosistem adalah efektif. Gain Ternormalisasi menunjukkan hasil yang baik dengan persentase 52,78 pada kategori baik, 41,6 persen pada kategori sedang dan 5,55 persen pada kategori rendah (<g>=0,637) berada pada kategori sedang. RTP menunjukkan hasil yang sangat baik dengan tercapainya 84,72 persen berada pada kriteria tinggi.

Kata Kunci: Strategi Everyone Is a Teacher Here, Gain  Ternormalisasi, Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian. jakarta: rineka cipta. Syarifudin, Y.(2015). Kompetensi Menulis Kreatif. Bogor: Ghalia Indonesia.

Coe, Robert, Michael Waring, Larry V Hedges, and Laura Day Ashley. 2021. Research methods and methodologies in education. Sage.

Deveci, İsa, and Salih Çepni. 2017. Studies conducted on entrepreneurship in science education: thematic review of research. Journal of Turkish Science Education (TUSED) 14 (4).

Mahmud, Saifudin, and Muhammad Idham. 2017. Strategi belajar-mengajar. Syiah Kuala University Press.

Nurufpia, Marini. 2013. Efektivitas pendekatan brain based learning terhadap peningkatan penguasaan konsep pada siswa smp dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam terpadu. PhD diss., Institut Pendidikan Indonesia.

Qureshi, Muhammad Asif, Asadullah Khaskheli, Jawaid Ahmed Qureshi, Syed Ali Raza, and Sara Qamar Yousufi. 2021. Factors affecting students’ learning performance through collaborative learning and engagement. Interactive Learning Environments, 1–21.

Sari, Suci Listina. 2013. Pengaruh lagu sains terhadap kreativitas dan penguasaan konsep siswa sma pada materi sistem indera penglihatan. PhD diss., Universitas Pendidikan Indonesia.

Ukir, Lalu Ukir. 2018. Efektivitas penerapan strategi everyone is a teacher here untuk meningkatkan prestasi siswa kelas viii. a smpn 1 gunungsari pada mata pelajaran ipa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia 6 (1): 9–20.

Yusuf, Qismullah, Zalina Jusoh, and Yunisrina Qismullah Yusuf. 2019. Cooperative learning strategies to enhance writing skills among second language learners. International Journal of Instruction 12 (1): 1399–1412.




DOI: https://doi.org/10.31980/jls.v4i1.1655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Life Science (JLS) adalah sebuah jurnal ilmiah yang secara regular dipublikasikan oleh Jurusan Pendidikan Biologi, Institut Pendidikan Indonesia (Jl. Pahlawan No.32, Garut). JLS berlisensi di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © Institut Pendidikan Indonesia-Garut.