Pengaruh Modul Digital Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA pada Subkonsep Protista Mirip Hewan

Dewi Hernawati, Norma Yunita Nurhasanah, Sri Wahjuningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modul digital terhadap hasil belajar siswa dengan sub konsep Protista Mirip Hewan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Experiment (eksperimen semu) dengan desain Nonequivalent Control Group Design kepada 66 partisipan secara between subject (pemberian perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelompok). Teknik analisis data menggunakan uji statistik non parametrik, dimana uji hipotesisnya menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan asymp sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Karena p(0.000) < α(0.005), terdapat pengaruh modul digital terhadap hasil belajar siswa SMA IPA kelas sepeluh disalah satu sekolah di Kota Garut. Data yang diperoleh di analisis menggunakan metode analisis uji gain ternormalisasi. Berdasarkan hasil analisis di peroleh bahwa penggunaan pengaplikasian modul digital dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Penggunaan media dengan modul digital dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen. Sedangkan pada kelompok kontrol yang hanya diberikan media seperti biasa yaitu power point mengalami penurunan hasil belajar. Berdasarkan hasil uji gain ternormalisasi, kelompok eksperimen masuk kedalam kriteria rendah (¯g = 0.2 < 0.3) sedangkan kelompok kontrol masuk kedalam kriteria terjadi penurunan.

Kata kunci : Hasil Belajar, Modul Digital, Media Pembelajaran, Protista

 


Full Text:

PDF

References


Bikowski, Dawn, and Elliott Casal. 2018. Interactive digital textbooks and engagement: a learning strategies framework. Language Learning & Technology 22 (1): 119–136.

Brom, Cyril, Michal Preuss, and Daniel Klement. 2011. Are educational computer micro-games engaging and effective for knowledge acquisition at high-schools? a quasi-experimental study. Computers & Education 57 (3): 1971–1988.

Cook, Thomas D. 2015. Quasi-experimental design. Wiley encyclopedia of management, 1–2.

Muhimatunnafingah, Siti, Herimanto Herimanto, and Akhmad Arif Musadad. 2018. Efektivitas model pembelajaran mandiri menggunakan modul digital dan modul cetak terhadap hasil belajar sejarah ditinjau dari minat baca siswa. Candi 18 (2): 30.

Nofitasari, Ayu, Lisdiana Lisdiana, and Aditya Marianti. 2021. Development of my biology app learning media based on android materials of food digestion systems as student learning source at senior hight school. Journal of Innovative Science Education 10 (1): 70–78.

ORMANCI, Ümmühan, and Salih Çepni. 2020. Views on interactive e-book use in science education of teachers and students who perform e-book applications. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry 11 (2): 247–279.

Prasetya, Didik D, Aji P Wibawa, and Tsukasa Hirashima. 2018. An interactive digital book for engineering education students. World Transactions on Engineering and Technology Education 16 (1): 54–59.

Risnawati, Nina. 2015. Pengembangan media pembelajaran akuntansi berbentuk modul pembelajaran digital untuk siswa smk negeri 1 bantul kelas xi jurusan akuntansi pada materi pokok akuntansi utang. Undergraduate Thesis.




DOI: https://doi.org/10.31980/jls.v4i1.1657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Life Science (JLS) adalah sebuah jurnal ilmiah yang secara regular dipublikasikan oleh Jurusan Pendidikan Biologi, Institut Pendidikan Indonesia (Jl. Pahlawan No.32, Garut). JLS berlisensi di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © Institut Pendidikan Indonesia-Garut.