Pengaruh Strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) Melalui Video Conference Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA pada Konsep Jamur
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran giving question and getting answer (GQGA) dan seberapa besar pengaruh strategi pembelajaran GQGA melalui video conference terhadap hasil belajar siswa pada konsep jamur di salah satu SMAN di kota Garut. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental (eksperimen semu) dengan sifat asosiatif dan menggunakan rancangan eskperimen Non Equivalen Pretest-Posttes Group Design. Sampel dalam penelitian diambil dua kelas dengan cara acak kelompok (Random Sampling) yaitu kelas sepuluh MIPA 6 (kelompok eksperimen) dan kelas sepuluh MIPA 7 (kelompok kontrol) dengan jumlah siswa sebanyak 53. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument berupa tes objektif (pilihan ganda) sebanyak 35 butir soal. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh skor rata-rata hasil post-test siswa pada kelompok eksperimen (dengan menggunakan strategi pembelajaran GQGA) adalah 83,37 dan skor rata-rata hasil post-test kelompok control (dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional) adalah 70,61. Teknik analisis data menggunakan uji parametrik, yaitu uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai Sig 0,000 < alpha (0,05) maka terdapat pengaruh strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) melalui video conference terhadap hasil belajar siswa SMA pada konsep jamur. Sedangkan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap hasil belajar siswa menggunakan uji gain ternormalisasi pada kelompok eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer didapatkan nilai rata-rata sebesar 61,90 dan nilai rata-rata pada kelompok kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional yaitu sebesar 35,86. Maka besarnya pengaruh strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) sebesar 26,03.
Kata kunci: Hasil Belajar, Jamur, Strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA).
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, Siti Nur, Ratna Kusumawardani, and Maasje C Watulingas. 2020. Pengaruh penggunaan model pembelajaran giving question and getting answer terhadap hasil belajar siswa sma pada pokok bahasan hidrokarbon. In Prosiding seminar nasional kimia dan pendidikan kimia, 3:29–31. Back Issue.
Aprianti, Fitri, Effendi Effendi, and Rodi Edi. 2017. Pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe giving question and getting answer terhadap hasil belajar kimia sman 1 indralaya. In Seminar nasional pendidikan ipa tahun 2021, 1:214–226. 1.
Ayuningsih, Ni Putu Meina, and Ketut Gus Oka Ciptahadi. 2020. Pengaruh model pembelajaran giving question and getting answer terhadap kecerdasan logis matematis. Jurnal Pendidikan Matematika 11 (1): 134–142.
Darwazeh, Afnan N, and Robert Maribe Branch. 2015. A revision to the revised bloom’s taxonomy. 2015 Annual Proceedings–Indianapolis 2:220–225.
Hake, Richard R. 2002. Relationship of individual student normalized learning gains in mechanics with gender, high-school physics, and pretest scores on mathematics and spatial visualization. In Physics education research conference, 8:1–14. 1.
Lin, Ming-Hung, Huang-g Chen, et al. 2017. A study of the effects of digital learning on learning motivation and learning outcome. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education 13 (7): 3553–3564.
Syafitri, Rodhiyah. 2017. Meningkatkan tanggung jawab belajar melalui strategi giving questions and getting answers pada siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 1 (2).
Zieffler, Andrew, Joan Garfield, and Elizabeth Fry. 2018. What is statistics education? In International handbook of research in statistics education, 37–70. Springer.
DOI: https://doi.org/10.31980/jls.v4i1.1658
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Jurnal Life Science (JLS) adalah sebuah jurnal ilmiah yang secara regular dipublikasikan oleh Jurusan Pendidikan Biologi, Institut Pendidikan Indonesia (Jl. Pahlawan No.32, Garut). JLS berlisensi di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © Institut Pendidikan Indonesia-Garut.