Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Sub Konsep Sistem Sirkulasi Dengan Menggunakan Instrumen Four-Tier Diagnostic Test

Authors

  • ALDA NURFADILLAH

DOI:

https://doi.org/10.31980/lsciences.v5i1.1703

Keywords:

Four-Tier Diagnostic Test, Miskonsepsi, Sistem Sirkulasi

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan profil miskonsepsi siswa pada sub konsep sistem sirkulasi dengan
menggunakan instrumen four-tier diagnostic test. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa yang dipilih secara purposive sampling dari siswa
kelas XI MIPA SMA Negeri 26 Garut tahun ajaran 2019/2020. Metode pengambilan data berupa tes dan
non tes, tes dalam penelitian ini yaitu tes tulis four-tier diagnostic test yang dikembangkan oleh Qisthi
Fariyani, dk., sedangkan teknik non tes berupa dokumentasi, wawancara, dan angket. Four-tier diagnostic
test adalah tes yang terdiri atas 4 tingkatan, yaitu soal dengan pilihan jawaban, pilihan tingkat keyakinan
jawaban, pilihan alasan dan pilihan tingkat keyakinan alasan. Hasil interpretasi four-tier diagnostic test
menunjukkan terdapat 25 profil miskonsepsi siswa ditemukan pada materi Sistem Sirkulasi, persentase
siswa yang mengalami miskonsepsi pada konsep sistem sirkulasi sebesar 68,06% dengan kategori tinggi.
Sub materi apa yang persentase miskonsepsinya terbesar pada materi sistem sirkulasi dengan menggunakan
instrumen four-tier diagnostic test ditemukan pada sub konsep sistem limfa sebesar 75%. Faktor-faktor
yang menyebabkan miskonsepsi yaitu pemikiran asosiatif, instuisi siswa yang salah, buku teks, pemahaman
siswa dari guru, dan internet.

 

Downloads

Published

2024-08-24

How to Cite

NURFADILLAH, A. (2024). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Sub Konsep Sistem Sirkulasi Dengan Menggunakan Instrumen Four-Tier Diagnostic Test. Jurnal Life Science : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(1). https://doi.org/10.31980/lsciences.v5i1.1703

Issue

Section

Articles