Perbandingan Hasil Belajar Yang Menggunakan Model Pembelajaran Crossword Puzzle Dengan Word Square Pada Materi Ekosistem Siswa Kelas X
DOI:
https://doi.org/10.31980/lsciences.v5i1.1710Keywords:
Crossword Puzzle,, Word Square, hasil belajarAbstract
Akar masalah pada penelitian ini yaitu salah satunya belajar siswa yang belum mencapai KKM (Kriteria
Ketuntasan Minimum) sehingga dapat mempengaruhi pada hasil belajar siswa. Kondisi belajar siswa di
MAN 1 Garut dapat dikatakan efektif tetapi alangkah lebih baiknya menggunakan model pembelajaran
yang lebih bervariatif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang memuaskan/sesuai dengan
harapan. Faktor penyebab timbulnya akar masalah dibagi menjadi dua, yaitu Faktor Internal dan Faktor
eksternal. Faktor Internal yaitu terdapat beberapa siswa yang kurang fokus pada saat diberikan materi
pelajaran Biologi dikarenakan kurang bervariatifnya model pembelajaran yang digunakan sehingga
membuat siswa mejadi bosan maka dengan hal ini dapat berpengaruh besar terhadap hasil belajar siswa,
sedangkan untuk Faktor Eksternal yaitu salah satunya Lingkungan yang membuat siswa kurang termotivasi
dalam mempelajari materi yang sebelumnya sudah diberikan oleh guru. Berdasarkan hasil observasi
tersebut diperlukan salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan cara menggunakan
pembaharuan model pembelajaran yang akan diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar berlangsung
diantaranya menggunakan model pembelajaran Crossword Puzzle dengan model pembelajaran Word
Square.