PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN AIR
Keywords:
metode pembelajaran inkuiri berbasis laboratorium, hasil belajar, pencemaran airAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode
pembelajaran inkuiri berbasis laboratorium terhadap hasil belajar siswa pada konsep
pencemaran air di kelas x SMA Negeri 2 Garut. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X-5
sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol yang diambil secara acak kelas.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan mei 2017 di SMA Negeri 2 Garut. Instrument yang
digunakan sebagai alat pengumpul data berupa tes, dengan bentuk tes pilihan ganda sebanyak
20 soal dengan 5 option. Berdasakan hasil analisis data menujukkan bahwa : tidak terdapat
perbedaan kemampuan penguasaan konsep yang signifikan antara kelas eksperimen dengan
kelas kontrol. Pada kelas eksperimen yang menggunakan metode inkuiri berbasis laboratorium
rata-rata post-test nya (x = 88,37). Adapun hasil belajar kelas kontrol dengan rata-rata post-test
nya (x =48,38). Berdasarkan hasil analisis data akhir menggunakan Mann whitney maka dapat
di simpulkan bahwa terdapat pengaruh peningkatan rata-rata penguasaan konsep antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen terjadi peningkatan rata-rata sebesar
45,5, sedangkan kelompok kontrol terjadi peningkatan sebesar 12,2. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran inkuiri berbasis
laboratorium terhadap hasil belajar siswa pada konsep pencemaran air kelas x di SMA Negeri 2
Garut.