PENGARUH MODEL IMPROVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA DI KELAS X SMAN 16 GARUT

Authors

  • Saepul Rohman

DOI:

https://doi.org/10.31980/lsciences.v3i2.1717

Keywords:

Pembelajaran model improv, konsep archaebacteria dan eubacteria,, hasil belajar

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa
yang menggunakan model improve sebagai kelas eksperimen dengan metode diskusi sebagai kelas
kontrol pada mata pelajaran biologi pada konsep archaebacteria dan eubacteria. Penelitian ini
termasuk pada quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatf. Peneltian menggunakan desain
control group pretest-postest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA
Negeri 16 Garut. Adapun sampel penelitian yang ditetapkan melalui tekhnik claster random
sampling yakni X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Tekhnik
pengumpulan data menggunakan tes objektif. Analisis hipotesis melalui Uji Mann Whitney.
Peneltian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara yang menggunakan
model improve dengan yang menggunakan metode diskusi pada konsep archaebacteria dan
eubacteria yaitu hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.

Downloads

Published

2024-08-24

How to Cite

Saepul Rohman. (2024). PENGARUH MODEL IMPROVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA DI KELAS X SMAN 16 GARUT. Jurnal Life Science : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2). https://doi.org/10.31980/lsciences.v3i2.1717

Issue

Section

Articles