“PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE LEARNING STARTS WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Authors

  • Novie achdiani
  • Leni Sri Mulyani
  • De Budi Irwan Taofik

DOI:

https://doi.org/10.31980/lsciences.v3i2.1719

Keywords:

Metode Pembelajaran Kooperative Tipe Learning Starts With A Question,, hasil belajar, pencemaran lingkungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode
pembelajaran Kooperative Tipe Learning Starts With A Question pada Kegiatan Belajar Mengajar
(KBM) di kelas. Penelitian ini menggunakan metode Quasi eksperimen, yaitu eksperimen semu yang
terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X
SMAN 27 GARUT dengan sampel sebanyak dua kelas. Penelitian disini peserta didik diberikan soal
pretest dan posttest berupa soal Pilihan Ganda (PG) sebanyak 20 soal. Hasil tes pada kelas
eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 44,06 sedangkan nilai rata-rata pretes pada kelas
kontrol sebesar 37,81. Sedangkan hasil posttest pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata–rata sebesar
69,7 sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata posttest 57,9. Diperoleh hasil pengujian pada uji t
dengan hasil thitung sebesar 9,51 dan ttabel sebesar 1,994. Dapat dilihat nilai rata-rata hasil pretest dan
posttest terdapat perbedaan yang sangat signifikan pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran
Kooperative Tipe Learning Starts With A Question. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
proses Kegiatan Belajar Mengajar dengan menggunakan metode pembelajaran Kooperative Tipe
Learning Starts With A Question berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMAN 27
GARUT.

Downloads

Published

2024-08-24

How to Cite

Novie achdiani, Leni Sri Mulyani, & De Budi Irwan Taofik. (2024). “PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE LEARNING STARTS WITH A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN . Jurnal Life Science : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2). https://doi.org/10.31980/lsciences.v3i2.1719

Issue

Section

Articles