Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Penerapan Beberapa Model Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.31980/lsciences.v4i2.1723Keywords:
model pembelajaran, literasi sains siswaAbstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Penerapan Beberapa Model Pembelajaran”. Bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa pada penerapan beberapa model
pembelajaran. Penelitian dilakukan pada bulan Juli 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah studi literatur yang menggunakan metode deskriptif dari hasil penelitian yang dipublikasikan
pada tahun 2015-2019, dan menggunakan database Google Scholar. Beberapa model pembelajaran yang
dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa terdapat empat model pembelajaran
yaitu: model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan metode
praktikum dan demonstrasi multimedia interaktif (MMI), model inquiry terbimbing, learning cycle 5E,
dan model inquiry. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada penerapan beberapa model
pembelajaran bahwa keempat model pembelajaran tersebut efektif digunakan pada saat proses pembelajaran
berlangsung dan meningkatkan kemampuan literasi sains siswa