Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Penerapan Beberapa Model Pembelajaran

Authors

  • Ulfah Latifah
  • Lida Amalia
  • Diah Ika Putri

DOI:

https://doi.org/10.31980/lsciences.v4i2.1723

Keywords:

model pembelajaran, literasi sains siswa

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Penerapan Beberapa Model Pembelajaran”. Bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa pada penerapan beberapa model
pembelajaran. Penelitian dilakukan pada bulan Juli 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah studi literatur yang menggunakan metode deskriptif dari hasil penelitian yang dipublikasikan
pada tahun 2015-2019, dan menggunakan database Google Scholar. Beberapa model pembelajaran yang
dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa terdapat empat model pembelajaran
yaitu: model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan metode
praktikum dan demonstrasi multimedia interaktif (MMI), model inquiry terbimbing, learning cycle 5E,
dan model inquiry. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada penerapan beberapa model
pembelajaran bahwa keempat model pembelajaran tersebut efektif digunakan pada saat proses pembelajaran
berlangsung dan meningkatkan kemampuan literasi sains siswa

Downloads

Published

2024-08-27

How to Cite

Ulfah Latifah, Lida Amalia, & Diah Ika Putri. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa pada Penerapan Beberapa Model Pembelajaran. Jurnal Life Science : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2), 33–41. https://doi.org/10.31980/lsciences.v4i2.1723

Issue

Section

Articles