Efektivitas Penggunaan Media Youtube sebagai Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Materi Keanekaragaman Hayati

Authors

  • Lusiani
  • Dewi Hernawati
  • De Budi Irwan Taofik

DOI:

https://doi.org/10.31980/lsciences.v4i2.1724

Keywords:

YouTube, Hasil belajar, efektivitas pembelajaran

Abstract

Penelitian ini berjudul “Efektivitas Penggunaan Media YouTube Sebagai Media Pembelajaran Terhadap
Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Materi Keanekaragaman Hayati”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui: 1. Kemampuan awal siswa sebelum menggunakan media YouTube pada materi keanekaragaman hayati 2. Hasil belajar siswa setelah menggunakan media YouTube pada materi keanekaragaman hayati
3. Efektivitas penggunaan media YouTube sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas X
pada materi keanekaragaman hayati. Metode dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental design. Desain
penelitian yang digunakan yaitu One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik sampling yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu Purposive sampling, yaitu untuk mengetahui efektivitas penggunaan media
YouTube Berbantuan Video Education sebagai media pembelajaran pada materi Keanekaragaman Hayati
melalui empat analisis yaitu: Uji Gain Ternormalisasi; Kategori tinggi dengan persentase 52,6 persen,
kategori sedang dengan persentase 18,4 persen, kategori rendah persentase 10,5persen, kategori tetap
dengan persentase 2,6 persen, kategori terjadi penurunan dengan persentase 15,8 persen; Uji Pemahaman,
siswa yang belum menguasai 18,4 persen yang berhasil 81,6 persen; Rata –Rata Tingkat Penguasaan
seluruh siswa adalah 81 persen; Ketuntasan belajar yaitu 81,6 persen. penggunaan media YouTube sebagai
media pembelajaran efektif terhadap hasil belajar siswa kelas x pada materi keanekaragaman hayati.

Downloads

Published

2024-08-27

How to Cite

Lusiani, Dewi Hernawati, & De Budi Irwan Taofik. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Youtube sebagai Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Materi Keanekaragaman Hayati. Jurnal Life Science : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2), 42–46. https://doi.org/10.31980/lsciences.v4i2.1724

Issue

Section

Articles