PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISTEM SIRKULASI PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 20 GARUT
DOI:
https://doi.org/10.31980/lsciences.v3i1.1734Keywords:
Media Animasi, sistem sirkulasi, penguasaan konsepAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media
animasi terhadap penguasaan konsep sistem sirkulasi pada siswa kelas XI IPA SMA
Negeri 20 Garut. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen, pendekatan
penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas
XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang
diambil secara acak kelas. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data berupa
test soal objektif pilihan ganda (multiple choice) untuk mengetahui perbedaan penguasaan
konsep yang menggunakan media animasi dan media gambar. Berdasarkan hasil analisis
data menunjukkan bahwa penguasaan konsep menunjukkan perbedaan kemampuan yang
signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen yang
menggunakan media animasi rata-rata pre-test nya ( ) dan rata-rata post-test
nya ( ). Adapun hasil belajar pada kelas kontrol yang menggunakan media
gambar rata-rata pre-test nya ( ) dan rata-rata post- test nya ( ).
Berdasarkan hasil analisis data terlihat perbedaan peningkatan rata-rata penguasan konsep
antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen terjadi peningkatan
rata-rata sebesar 40,16, sedangkan kelompok kontrol terjadi peningkatan sebesar 31,00.
Hasil perhitungan uji Mann Whitney diperoleh nilai Signifikansi= 0,000 < α =0,05. Dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengaruh penggunaan media animasi terhadap
penguasaan konsep sistem sirkulasi pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 20 Garut.