EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA KELAS XI DI SMA NEGERI 25 GARUT
DOI:
https://doi.org/10.31980/lsciences.v3i1.1735Keywords:
Efektivitas, Auditory Intellectualy Repetition (AIR), sistem reproduksi manusiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model auditory intellectually repetition
(AIR) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem gerak manusia. Metode penelitian ini adalah pre
experimental. Instrumen berbentuk tes objektif berupa pretest dan posttest. Yang menjadi sampel yaitu kelas
XI IPA 2. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata sebelum pembelajaran sebesar 40,33 dan setelah
pembelajaran sebesar 79,11. Peningkatan hasil belajar kategori tinggi diraih oleh 15 siswa (33,30%), kategori
sedang diraih oleh 30 siswa (66,70%). Ketuntasan belajar mencapai angka sebesar 86,70%. Berdasarkan
analisis data hasil belajar dinyatakan bahwa Model pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR)
pada materi sistem reproduksi manusia efektif dilihat dari hasil belajar siswa.