PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPRATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) YANG DIPADUKAN DENGAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI VIRUS
Keywords:
Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), mind mapping, hasil belajar, konsep virusAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Kemampuan awal siswa sebelum
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CIRC yang dipadukan dengan Mind
Mapping pada konsep virus; 2) Kemampuan akhir siswa setelah pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran CIRC yang dipadukan dengan Mind Mapping pada konsep
virus. 3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran CIRC yang dipadukan dengan Mind
Mapping pada konsep virus. Metode penelitian eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif.
Desain quasi eksperimen dengan bentuk desain Nonequivalent pre-test post-test control grup
design. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Kemampuan awal siswa sebelum
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CIRC yang dipadukan dengan Mind
Mapping mencapai nilai 41,25; 2) Hasil belajar siswa setelah pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran CIRC yang dipadukan dengan Mind Mapping mencapai nilai
76,39; 3) Model pembelajaran CIRC dipadukan Mind Mapping berpengaruh terhadap hasil
belajar siswa dengan nilai rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen (76,39) nyata lebih besar
dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol (70,00).