PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMAN 17 GARUT
Keywords:
model Problem Based Learning,, berfikir kritis, konsep pencemaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Problem Based Learning terhadap
kemampuan berpikir kritis siwa pada konsep Pencemaran Lingkungan terdiri dari sub pokok
pencemaran udara, tanah dan air di kelas X IPA SMAN 17 Garut. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian pra-eksperimen, dengan desain penelitian berbentuk dua kelompok pretest dan posttest.
Populasi penelitian adalah siswa kelas X IPA di SMAN 17 Garut tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri
atas enam kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 2 atau kelas Problem Based
Learning dengan jumlah 26 orang siswa dan X IPA 3 atau kelas Diskusi dengan jumlah 25 siswa.
Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling berdasarkan nilai rata-rata hampir
sama atau merata. Instrumen yang digunakan yaitu berupa tes tulis berbentuk soal essai. Teknik
analisis data dengan pretest menggunakan uji tâ sedangkan untuk posttest menggunakan uji t. Hasil
penelitian, menunjukkan sebelum diterapkan metode pembelajaran Problem Based Learning rata-rata
nilai hasil belajar siswa yaitu 18,69 lalu setelah di konversikan menggunakan skala 100 sama dengan
62 dengan rata-rata nilai KKM 70 dan nilai setelah diterapkan metode pembelajaran Problem Based
Learning adalah 26 atau sama dengan 87 maka siswa telah memenuhi nilai KKM mata pelajaran
Biologi. Berdasarkan analisis data hasil belajar dinyatakan bahwa metode pembelajaran Problem
Based Learning berpengaruh terhadap berpikir kritis siswa pada sub pokok bahasan pencemaran
lingkungan di kelas X IPA SMAN 17 Garut.