PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DAN TOPICAL REVIEW PADA KONSEP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA SISWA

Authors

  • cucu

DOI:

https://doi.org/10.31980/lsciences.v2i2.1742

Keywords:

Crossword Puzzle, Topical Review,, Pertumbuhan dan Perkembangan,, hasil belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII
yang menggunakan model pembelajaran Crossword Puzzle (Teka-teki Silang) dengan
Topical Review (Tinjauan Topik) dalam pembelajaran Biologi pada materi Pertumbuhan dan
Perkembangan Manusia. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol yang diambil secara acak kelas. Instrumen
yang digunakan sebagai alat pengumpul data berupa tes objektif untuk mengetahui perbedaan
hasil yang menggunakan model pembelajaran Crossword Puzzle dan Topical Review.
Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: hasil belajar menunjukkan tidak
terdapat perbedaan kemampuan yang signifikan antara kelas eksperimen I dengan kelas
eksperimen II. Pada kelas eksperimen I yang menggunakan model pembelajaran Crossword
Puzzle rata-rata pre-test nya ( ̅ ) dan rata-rata post-test nya ( ̅ ). Adapun
hasil belajar pada kelas eksperimen II yang menggunakan model Topical Review rata-rata
pre-test nya ( ̅ ) dan rata-rata post- test nya ( ̅ ). Berdasarkan hasil analisis
data dapat disimpulkan bahwa Terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang
menggunakan model pembelajaran Crossword Puzzle dengan Topical Review pada konsep
Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia.

Downloads

Published

2024-08-28

How to Cite

cucu. (2024). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DAN TOPICAL REVIEW PADA KONSEP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA SISWA. Jurnal Life Science : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(2), 62–77. https://doi.org/10.31980/lsciences.v2i2.1742

Issue

Section

Articles