Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing dalam Meningkatkan Kemampuan Graphing Skills Siswa SMA pada Materi Pencemaran Lingkungan

Authors

  • INDRA SAPUTRA

DOI:

https://doi.org/10.31980/lsciences.v1i2.1754

Keywords:

: kemampuan graphing skills,, model inquiri terbimbing, pencemaran lingkungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan graphing skills siswa SMA
melalui penerapan model pembelajaran inquiri terbimbing pada materi pencemaran lingkungan. Metode
penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain The Matching-Only Pretest-Posttest
Control Group Design yang dilaksanakan di salah satu SMA negeri di kota Bandung, Jawa Barat, kelas X
tahun pelajaran 2018/2019. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pretes dan postes kemampuan
graphing skills dalam bentuk soal uraian, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, serta angket
tanggapan guru dan siswa. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model
inquiri terbimbing berjalan sesuai dengan tahapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, terdapat
peningkatan kemampuan graphing skills siswa dengan model pembelajaran inquiri terbimbing ditunjukkan
oleh rata-rata N-Gain yang diperoleh yaitu 0,60. Indikator-indikator pada setiap kemampuan graphing
skills yang meliputi kemampuan interpretasi, representasi, dan analisis data, peserta didik mengalami
peningkatan dalam kategori sedang, dengan rata-rata nilai N-Gain 0,52. Hasil penelitian juga menunjukkan
bahwa respon siswa terhadap pembelajaran dengan model inquiri terbimbing pada umumnya baik dan
positif

Published

2024-08-29

How to Cite

SAPUTRA, I. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing dalam Meningkatkan Kemampuan Graphing Skills Siswa SMA pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Life Science : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 45–54. https://doi.org/10.31980/lsciences.v1i2.1754

Issue

Section

Articles