PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GALLERY WALK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH

Authors

  • Dani Ramdani
  • Popo Musthofa Kamil
  • Liah Badriah

Keywords:

metode pembelajaran gallery., berfikir kritis, sistem pertahanan tubuh

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode
pembelajaran Gallery Walk terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi
sistem pertahanan tubuh di kelas XI SMAN 1 Bantarujeg, Kab. Majalengka. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2017 sampai dengan bulan
Mei 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode true eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMAN 1 Bantarujeg, Kab. Majalengka sebanyak 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 104 orang. Adapun sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang diambil secara cluster
random sampling yaitu kelas XI IPA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI
IPA-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir
kritis berbentuk uraian pada materi sistem pertahanan tubuh yang berjumlah 15
butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata
(uji-t) dengan taraf signifikan (α) = 5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
metode pembelajaran Gallery Walk terhadap kemampuan berpikir kritis siswa
pada materi sistem pertahanan tubuh di kelas XI SMAN 1 Bantarujeg, Kab.
Majalengka, Tahun Ajaran 2017/ 2018.

Downloads

Published

2024-08-29

How to Cite

Dani Ramdani, Popo Musthofa Kamil, & Liah Badriah. (2024). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN GALLERY WALK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH. Jurnal Life Science : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 11–22. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/LSciences/article/view/1756

Issue

Section

Articles