PENGARUH LEARNING CYCLE 5E TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

Authors

  • Egi Nuryadin
  • Popo Musthofa Kamil

DOI:

https://doi.org/10.31980/lsciences.v1i1.1757

Keywords:

Learning Cycle 5E, literasin sains, sistem ekskresi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model learning cycle 5e terhadap literasi
sains peserta didik pada materi Sistem Ekskresi di kelas VIII SMP Negeri 14 Tasikmalaya. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan Desember 2017 sampai dengan bulan Juli 2018 di SMP Negeri 14 Tasikmalaya.
Metode penelitian yang digunakan adalah True-experiment, dengan populasi seluruh kelas VIII SMP
Negeri 14 Tasikmalaya sebanyak 11 kelas, dengan jumlah peserta didik 387 orang. Sampel diambil
dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu Kelas VIII C sebagai kelas
eksperimen dan Kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur literasi sains peserta didik,
digunakan instrumen berupa tes kemampuan literasi sains berjumlah 32 butir soal PG (Pilihan Ganda).
Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan α 0,05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat
pengaruh model learning cycle 5e terhadap literasi sains peserta didik pada materi sistem ekskresi di kelas
VIII SMP Negeri 14 Tasikmalaya.

Downloads

Published

2024-08-29

How to Cite

Egi Nuryadin, & Popo Musthofa Kamil. (2024). PENGARUH LEARNING CYCLE 5E TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI. Jurnal Life Science : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 23–33. https://doi.org/10.31980/lsciences.v1i1.1757

Issue

Section

Articles