PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WHATSAPP (WA) GROUP TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA

Authors

  • Popo Musthofa Kamil
  • Egi Nuryadin

DOI:

https://doi.org/10.31980/lsciences.v1i1.1758

Keywords:

media WA Grup, hasil belajar, sistem gerak pada manusia

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media
WhatsApp (WA) Group terhadap hasil belajar peserta didik pada Materi Sistem Gerak
Pada Manusia di kelas VIII SMP Negeri 19 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan Agustus 2018 sampai dengan bulan Oktober 2018 di SMP
Negeri 19 Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah true
eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP
Negeri 19 Kota Tasikmalaya sebanyak sepuluh kelas, dengan jumlah siswa sebanyak 248
orang.Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yang diambil secara cluster random
sampling yaitu kelas VIII G sebanyak 30 siswa dan kelas VIII H sebanyak 32 siswa.
Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar pada materi sistem gerak pada manusia. Tes
ini berupa pilihan majemuk sebanyak 50 butir soal dengan empat option. Teknik analisis
data yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikan (α) = 5 %. Berdasarkan hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media WhatsApp (WA)
Group terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem gerak pada manusia di kelas
VIII SMP Negeri 19 Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019.

Downloads

Published

2024-08-29

How to Cite

Popo Musthofa Kamil, & Egi Nuryadin. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WHATSAPP (WA) GROUP TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA. Jurnal Life Science : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 34–39. https://doi.org/10.31980/lsciences.v1i1.1758

Issue

Section

Articles