THE INFLUENCE OF SCIENCE, TECHNOLOGY, AND SOCIETY (STS) ON STUDENT LEARNING OUTCOMES IN THE SUBCONCEPT OF GLOBAL WARMING
DOI:
https://doi.org/10.31980/lsciences.v1i1.1759Keywords:
model pembelajaran science, technology, and society (STS), hasil belajar, pemanasan globalAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran science, technology, and society (STS) terhadap hasil belajar peserta
didik pada sub konsep Pemanasan Global di kelas VII SMP Negeri 5 Kota
Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2017 sampai dengan
bulan Juni 2018 di SMP Negeri 5 Tasikmalaya. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode true eksperiment dengan populasi seluruh kelas VII
SMP Negeri 5 Kota Tasikmalaya, sebanyak 11 kelas dengan jumlah siswa 368
orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling
sebanyak 2 kelas, yaitu kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan VII F sebagai
kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah teknik tes hasil belajar siswa pada
sub konsep Pemanasan Global. Tes tertulis ini berupa pilihan ganda dengan empat
option. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan α 0.05.
Berdasarkan hasil penelitian dan mengujian hipotesis dengan
menggunakan uji t independen diperoleh harga thitung = 7,73 sedangkan harga ttabel
= 1,99 atau -1,99. Karena harga thitung berada di daerah penolakan Ho maka
kesimpulan analisis dari penelitian ini adalah tolak Ho, artinya terdapat pengaruh
model pembelajaran science, technology, and society (STS) terhadap hasil belajar
peserta didik pada konsep Pemanasan Global.