Identifikasi Kecerdasan Ekologis Siswa pada Materi Ekologi

Authors

  • De Budi Irwan Taofik Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Aceng Ahmad Rodian Susila Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Leni Sri Mulyani Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Abstract

Identifikasi Kecerdasan Ekologis Siswa Pada Materi Ekologi Di Kelas XI SMAN 15 Garut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui identifikasi kecerdasan ekologis siswa pada materi ekologi di kelas XI  SMAN 15 Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 15 Garut dengan jumlah sampel sebanyak 168 siswa yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen angket untuk mengukur kecerdasan ekologis. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif berbantuan SPSS veris 25. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kecerdasan ekologis siswa pada materi ekologi di SMAN 15 Garut telah teridentifikasi dengan baik, kondisi tersebut dibuktikan dengan rata-rata presntase kecerdasan ekologis dari 168 siswa sebesar 72,04% kecerdasan ekologisnya berada pada kategori baik, dengan nilai terkecil 55% dan nilai terbesar 95%

Downloads

Published

2025-02-14

How to Cite

Taofik, D. B. I., Susila, A. A. R., & Leni Sri Mulyani. (2025). Identifikasi Kecerdasan Ekologis Siswa pada Materi Ekologi . Jurnal Life Science : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(1), 53–59. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/LSciences/article/view/2265

Issue

Section

Articles