Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle 5e (Enggage, Explore, Explain, Elaborate, Dan Evaluate) Berbantuan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Tumbuhan Paku

Authors

  • Diah Ika Putri Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut
  • Hesti Nuriah Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut
  • Sri Mulyaningsih Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut

Abstract

Biologi adalah mata pelajaran yang memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi, Pemilihan stretegi pembelajaran yang akan digunakan dalam proses pembelajaran harus berorientasi pada tujuan yang akan dicapai. Salah satu model pembelajaran yang dianggap dapat menyelesaikan masalah-masalah pembelajaran yang ditemui adalah Learning Cycle. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hasil belajar siswa pada konsep tumbuhan paku setelah diberikan perlakuan mennggunakan model Learning Cycle 5e berbantuan alat peraga. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Garut pada bulan April 2024. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimen dan menggunakan desain penelitian Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini diambil secara acak kelas sehingga diperoleh X MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model Learning Cycle 5e berbantuan alat peraga dan kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen pada hasil penelitian yaitu menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 25 soal. Hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model learning cycle 5e berbantuan alat peraga memperoleh nilai rata-rata sebesar 84,77 sedangkan hasil belajar kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata sebesar 77.03. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney didapat nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) α = 0,000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga keputusan dari uji Mann-Whitney adalah terdapat pengaruh penerapan model Learning Cycle 5e berbantuan alat peraga terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA pada konsep tumbuhan paku yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar daripada rata-rata kelas kontrol.

Downloads

Published

2025-02-14

How to Cite

Diah Ika Putri, Nuriah, H., & Sri Mulyaningsih. (2025). Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle 5e (Enggage, Explore, Explain, Elaborate, Dan Evaluate) Berbantuan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Tumbuhan Paku . Jurnal Life Science : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(1), 25–41. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/LSciences/article/view/2273

Issue

Section

Articles