Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Laboratorium Riil dan Laboratorium Berbasis Video pada Materi Sistem Ekskresi

Authors

  • De Budi Irwan Taofik Institut Pendidikan Indonesia
  • Aceng Ahmad Rodian Susila Institut Pendidikan Indonesia
  • Rivan Syahrul Falah Institut Pendidikan Indonesia
  • Eva Rahmat SMPN 1 Cisompet

Keywords:

Laboratorium Riil , aboratorium Berbasis Video , Hasil Belajar, Sistem Ekskresi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi antara kelas yang menggunakan laboratorium riil dan kelas yang menggunakan laboratorium berbasis video di SMPN 1 Cisompet. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi eksperimen tipe The Static Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas VIII A dan VIII C yang dipilih secara purposive, masing-masing terdiri dari 30 siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji beda menggunakan Independent Samples T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik laboratorium riil maupun berbasis video dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Namun, peningkatan yang lebih signifikan terjadi pada kelompok yang belajar menggunakan laboratorium berbasis video. Uji statistik menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok (p < 0,05), dengan rata-rata nilai posttest kelompok video lebih tinggi. Hasil ini mengindikasikan bahwa media laboratorium berbasis video dapat menjadi alternatif yang efektif dalam menunjang pembelajaran biologi, khususnya pada materi yang bersifat abstrak.

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Irwan Taofik, D. B., Susila, A. A. R., Syahrul Falah, R., & Eva Rahmat. (2025). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Laboratorium Riil dan Laboratorium Berbasis Video pada Materi Sistem Ekskresi. Jurnal Life Science : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(2), 83–93. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/LSciences/article/view/2853

Issue

Section

Articles