Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Dipadu Reading Questioning And Answering (RQA) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI pada Materi Sistem Pernapasan
Keywords:
Inquiry terbimbing, Reading Questioning and Answering, Hasil BelajarAbstract
Kurangnya minat membaca menjadi salah satu masalah dalam penelitian ini dikarenakan dari kurangnya minat membaca mengakibatkan hasil belajar peserta didik kurang. Untuk mengatasi masalah tersebu pendidik harus membudidayakan kembali membaca pada peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Inquiry terbimbing dipadu reading questioning and answering. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan dengan desain penelitian Non Equivalen Control grup Desain. Penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan sampel dari masing-masing kelas sebanyak 24 peserta didik. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan cara random class. Waktu dan tempat penelitian dilaksanakan pada bulan juni 2024 di SMA Al-Musaddadiyah Garut. Teknik pengumpulan data utama menggunakan instrumen tes berupa pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan data berdistribusi normal dan homogen karena pada uji normalitas pretest eksperimen mendapatkan nilai sig. 0,442 dan kelas kontrol 0,484. Untuk uji Homogenitas pretest didapatkan nilai sig. Based on mean 0,442 dan untuk posstest 0,073. Lalu dilakukan Uji Independent Sample Test memperoleh nilai sig.(2-tailed) untuk pretest 0,84 dan untuk posstest 0,0000. Karena nilai posttest lebih kecil dari 0,05 maka Hi diterima. Maka dapat disimpulkan adanya Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing dipadu Reading Questioning And Answering terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas XI pada materi sistem Pernapasan.