Persepsi Siswa dan Guru terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Mata Pelajaran Biologi

Authors

  • Desri Mulyati Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Leni Sri Mulyani Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Rifaatul Muthmainnah Institut Pendidikan Indonesia Garut

Keywords:

Kurikulum merdeka, Persepsi

Abstract

Pada tahun 2020 pendidikan mengalami banyak perubahan dikarenakan efek dari pandemi Covid-19. Kurikulum merdeka mengedepankan konsep “Merdeka Belajar” bagi siswa yang dirancang untuk membantu pemulihan krisis pembelajaran yang terjadi akibat adanya pandemi Covid-19. Diperlukan sebuah penelitian untuk menggali pandangan siswa dan guru terhadap kurikulum merdeka tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kurikulum merdeka di MAN 1 Garut serta persepsi siswa dan guru terhadap implementasi kurikulum merdeka dalam mata pelajaran biologi. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Proporsional Random Sampling. Subjek penelitian adalah 3 guru biologi dan 178 siswa yang diambil sebagai sampel. Persepsi siswa dan guru biologi dilihat dari 3 indikator yaitu penerimaan, pemahaman dan penilaian. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa dan guru biologi kelas X MAN 1 Garut sudah mengimplementasikan kurikulum merdeka dan 3 indikator pada kategori baik.

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Desri Mulyati, Leni Sri Mulyani, & Rifaatul Muthmainnah. (2024). Persepsi Siswa dan Guru terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Life Science : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 36–44. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/LSciences/article/view/354

Issue

Section

Articles