Pengaruh Metode Hypnoteaching terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Koordinasi
DOI:
https://doi.org/10.31980/lsciences.v6i1.396Keywords:
hypnoteaching, sistem koordinasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode hypnoteaching terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem koordinasi. Populasi yang digunakan seluruh siswa kelas XI dengan Sampel kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen yang diambil secara acak kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode quasi eksperimen design. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data berupa soal tes objektif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen rata-rata pre-test 25,15 dan post-test 75,87. Hasil belajar pada kelas kontrol rata-rata pre-test 30,01 dan post-test 68,43. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji mann whitney dengan diperoleh nilai Zhitung = 2,38 > Ztabel = 1,96 maka ho ditolak dan h1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode hypnoteaching terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem koordinasi.