Efektivitas Media Pembelajaran Google Classroom terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah PKLH
DOI:
https://doi.org/10.31980/lsciences.v2i1.403Keywords:
efektivitas, google classroom, hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas google classroom terhadap hasil belajar Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan IPS Institut Pendidikan Indonesia Garut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Semester III yang sedang memprogramkan mata kuliah PKLH yang berjumlah 26 orang. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa tes hasil belajar Mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah Presentase nilai mahasiswa diatas KKM, dengan nilai KKM 3,00 sebanyak 80 %, Presentase tingkat penguasaan mahasiswa (Nilai RTP), Menggunakan nilai N-Gain. Hasil penelitian terdapat pengaruh signifikan media pembelajaran google classroom terhadap hasil belajar mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan IPS Institut Pendidikan Indonesia Garut. Hal ini ditunjukkan dengan nilai skor nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa 3,20 yang berada pada kategori tinggi dan nilai persentase KKM 84,6 %, persentase tingkat penguasaan kelas sebesar 80 %, serta nilai N-Gain sebesar 0,63 yang berada pada kategori sedang