Efektivitas Media Pembelajaran Google Classroom terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah PKLH

Authors

  • Diah Ika Putri Institut Pendidikan Indonesia Garut

Keywords:

efektivitas, google classroom, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas  google classroom terhadap hasil belajar  Mahasiswa  Semester  III Program  Studi  Pendidikan  IPS  Institut Pendidikan Indonesia Garut.  Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Semester III yang sedang memprogramkan mata kuliah PKLH yang berjumlah 26 orang. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa tes hasil belajar Mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah Presentase nilai mahasiswa diatas KKM, dengan nilai KKM 3,00 sebanyak 80 %, Presentase tingkat penguasaan mahasiswa (Nilai RTP), Menggunakan nilai N-Gain. Hasil penelitian terdapat pengaruh signifikan media pembelajaran google classroom terhadap hasil belajar mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan IPS Institut Pendidikan Indonesia Garut. Hal ini ditunjukkan dengan nilai skor nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa 3,20 yang berada pada kategori tinggi dan nilai persentase KKM 84,6 %, persentase tingkat penguasaan kelas sebesar 80 %, serta nilai N-Gain sebesar 0,63 yang berada pada kategori sedang

Downloads

Published

2020-01-31

How to Cite

Diah Ika Putri. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Google Classroom terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah PKLH. Jurnal Life Science : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 34–39. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/LSciences/article/view/403

Issue

Section

Articles