Kebermaknaan dan Efektivitas Kegiatan Praktikum Biologi: Sebuah Studi Kasus
DOI:
https://doi.org/10.31980/lsciences.v2i1.404Keywords:
Efektivitas, Kebermaknaan, PraktikumAbstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mempelajari kebermaknaan dan efektivitas kegiatan praktikum biologi di salah satu SMA kota Bandung. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif, melalui pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan praktikum yang telah dilaksanakan menunjukkan kebermaknaan bagi siswa, mulai dari timbulnya aspek fun learning, menguatkan pengetahuan siswa sebelumnya, serta melatihkan berbagai keterampilan psikomotor. Efektivitas pelaksanaan kegiatan praktikum sudah muncul, terlihat dari adanya kesesuaian langkah kerja dengan LKS serta kesesuaian tujuan praktikum dengan pengetahuan yang didapatkan siswa. Temuan studi menemukan beberapa faktor yang dapat mengurangi efektivitas dan kebermaknaan praktikum yang dilaksanakan. Hal ini menjadi tantangan bagi guru untuk mengorganisir kegiatan praktikum yang lebih baik dan lebih efektif agar mengantarkan siswa mencapai kerbermaknaan belajara melalui kegiatan praktikum.