PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS MAHASISWA IPI GARUT

Siti Nurkamilah

Abstract


Abstract - Penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan analisis mahasiswa di IPI Garut. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan penelitian dalam perkuliahan praktikum Fisiologi Hewan dengan menggunakan multimedia interaktif model simulasi. Penelitian ini mengkaji masalah pengaruh minat belajar terhadap kemampuan analisis mahasiswa di IPI Garut. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi yang mengambil mata kuliah Fisiologi Hewan. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa kelas B dengan kelas C. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan analisis dan minat belajar mahasiswa. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan uji korelasi Spearman dengan bantuan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa Minat belajar tidak mempengaruhi kemampuan analisis mahasiswa dalam praktikum Fisiologi hewan mengenai sistem pencernaan pada Paramecium sp di STKIP Garut. Berdasarkan  hasil penelitian, diajukan saran agar kemampuan analisis mahasiswa dapat diagali kembali dengan menggunakan teknik lain yang berbeda, seperti motivasai yang ad dlam diri mahasiswa.

 

Kata Kunci: Minat belajar, kemampuan analisis


Full Text:

PDF

References


Abrori, saiful.(2014). Pengaruh penggunaan multimedia dan media gambar terhadap hasil belajar siswa SD. Terdapat Dalam [Http://Eprints.Uns.Ac.Id/14140/1/418-1078-1-PB.Pdf]

Agnew, Anne, at all.,(1996). Multimedia in The Classroom. USA: MediaLink Associates, Inc.

Arifin, D.(2012). Pengaruh penerapan CD multimedia Interaktif terhadap ketercapaian tujuan pembelajaran aspek mengingat dan memahami dalam pembelajaran Biologi pada materi sistem saraf. IPI Garut

Arifin, Zaenal.(2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Arikunto, Suharsimi.(2011). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Angkaara

Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Beetlestone, Florence.(1998). Creative Learning. Philadelphia: Open university Press

Campbbell. (2004). Biologi (Jilid III). Jakarta: Erlangga

--------------.(2011). Biology (Nitht Edition). USA : Person Benjamin. Inc

Darmawan, Deni. (2012). Inovasi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

---------------------. (2012). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: CV Yrama Widya.

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Diyani, ahmad. (2013). Pengertian teknologi pembelajaran. Terdapat dalam [http://pengertianteknologi pembelajaran.html?m=1]

Djamarah, Syaiful. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gordon,S dkk. Do Teachers Own Learning Behaviors influence their Classroom Goal Orientation and Control Ideology. USA : University of Southern California

Hamalik, Oemar. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Hasibuan, Zainal.(2007). Metodologi Penelitian dalam Bidang Komputer dan Teknologi Komunikasi. Terdapat dalam [http://id.scribd.com/doc/32083714/Buku-Referensi-Metodologi-Penelitian-METODOLOGI-PENELITIAN-PADA-BIDANG-ILMU-KOMPUTER-DAN-TEKNOLOGI-INFORMASI]

Hefzallah, I.M. (2004). The New Educational Technologies and Learnig. USA : Charles C Thomas. Publisher, LTD.

Hidayat, Soleh. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Hughes, A.G& Hughes E.H. (2003). Learning&Teaching. Bandung: Nuansa

http://acenale.wordpress.com/2011/12/21/minat-belajar/

http://sumberrbelajar.files.wordpress.com/2013/09/kawasan-teknologi-pendidikan.pdf

http://sumberrbelajar.files.wordpress.com/2013/09/kawasan-teknologi-pendidikan.pdf

http://eprints.uny.ac.id/9813/2/BAB2%20-%2008111241026.pdf

Husaman. (2013). Fisiologi Sistem Pencernaan pada Hewan. Malang: UNM Terdapat pada [http://www.academia.edu/5612874/SISTEM_PENCERNAAN]

Isnaeni, wiwi. (2006). Fisisologi Hewan. Yogyakarta: Kanisius

Kemal. (2014). Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Kognitif. Terdapat pada [http://permasalahananakkita.blogspot.com/2011/02/faktor-yang-mempengaruhi-perkembangan.html]

Kusumawati, Dinar. (2014). Metabolisme. Terdapat pada [http://id.scribd.com/doc/6108825/Metabolisme]

Logman, A. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Majid, Abdul. (2007). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Mishra, S & Sharma R. (2005). Interactive Multimedia In Education and Training.USA: Idea Group Inc

Nuraeni, Eka. (2014). Kata Operasional Taksonomi Bloom Versi Terbaru untuk Jurusan Biologi. Terdapat dalam [http://www.e-bookspdf.org/view/aHR0cDovL2FtYWVrYS5maWxlcy53b3JkcHJlc3MuY29tLzIwMTIvMTEva2F0YS1vcGVyYXNpb25hbC10YWtzb25vbWktYmxvb20tdmVyc2ktYmFydTMucGRm/S2F0YSBPcGVyYXNpb25hbCBUYWtzb25vbWkgQmxvb20gVmVyc2kgQmFydQ==]

Purwanty, Leni. (2010). Pengaruh penggunaan multimedia dalam mata pelajaran akuntansi terhadap minat, motivasi dan prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 1 Turen. Terdapat dalam [http://library.um.ac.id/free-contents/index.php/pub/detail/pengaruh-penggunaan-multimedia-dalam-mata-pelajaran-akuntansi-terhadap-minat-motivasi-dan-prestasi-belajar-akuntansi-siswa-kelas-x-smk-negeri-1-turen-leny-purwanti-43042.html]

Riduwan. (2008). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: ALFABETHA

Ridwan, Wawan. (2011). Pengaruh Penggunaan Program Microsoft Excel dalam Pembelajaran Akuntansi Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Garut: IPI Garut

Sadiman, Arief, dkk. (2007). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sadulloh, Uyoh. (2003). Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group




DOI: https://doi.org/10.31980/jls.v1i1.623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Life Science (JLS) adalah sebuah jurnal ilmiah yang secara regular dipublikasikan oleh Jurusan Pendidikan Biologi, Institut Pendidikan Indonesia (Jl. Pahlawan No.32, Garut). JLS berlisensi di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © Institut Pendidikan Indonesia-Garut.