PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS MAHASISWA IPI GARUT
Abstract
Abstract - Penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan analisis mahasiswa di IPI Garut. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan penelitian dalam perkuliahan praktikum Fisiologi Hewan dengan menggunakan multimedia interaktif model simulasi. Penelitian ini mengkaji masalah pengaruh minat belajar terhadap kemampuan analisis mahasiswa di IPI Garut. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi yang mengambil mata kuliah Fisiologi Hewan. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa kelas B dengan kelas C. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan analisis dan minat belajar mahasiswa. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan uji korelasi Spearman dengan bantuan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa Minat belajar tidak mempengaruhi kemampuan analisis mahasiswa dalam praktikum Fisiologi hewan mengenai sistem pencernaan pada Paramecium sp di STKIP Garut. Berdasarkan hasil penelitian, diajukan saran agar kemampuan analisis mahasiswa dapat diagali kembali dengan menggunakan teknik lain yang berbeda, seperti motivasai yang ad dlam diri mahasiswa.
Kata Kunci: Minat belajar, kemampuan analisis
Full Text:
PDFReferences
Abrori, saiful.(2014). Pengaruh penggunaan multimedia dan media gambar terhadap hasil belajar siswa SD. Terdapat Dalam [Http://Eprints.Uns.Ac.Id/14140/1/418-1078-1-PB.Pdf]
Agnew, Anne, at all.,(1996). Multimedia in The Classroom. USA: MediaLink Associates, Inc.
Arifin, D.(2012). Pengaruh penerapan CD multimedia Interaktif terhadap ketercapaian tujuan pembelajaran aspek mengingat dan memahami dalam pembelajaran Biologi pada materi sistem saraf. IPI Garut
Arifin, Zaenal.(2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Arikunto, Suharsimi.(2011). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Angkaara
Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Beetlestone, Florence.(1998). Creative Learning. Philadelphia: Open university Press
Campbbell. (2004). Biologi (Jilid III). Jakarta: Erlangga
--------------.(2011). Biology (Nitht Edition). USA : Person Benjamin. Inc
Darmawan, Deni. (2012). Inovasi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
---------------------. (2012). Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: CV Yrama Widya.
Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Diyani, ahmad. (2013). Pengertian teknologi pembelajaran. Terdapat dalam [http://pengertianteknologi pembelajaran.html?m=1]
Djamarah, Syaiful. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Gordon,S dkk. Do Teachers Own Learning Behaviors influence their Classroom Goal Orientation and Control Ideology. USA : University of Southern California
Hamalik, Oemar. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Hasibuan, Zainal.(2007). Metodologi Penelitian dalam Bidang Komputer dan Teknologi Komunikasi. Terdapat dalam [http://id.scribd.com/doc/32083714/Buku-Referensi-Metodologi-Penelitian-METODOLOGI-PENELITIAN-PADA-BIDANG-ILMU-KOMPUTER-DAN-TEKNOLOGI-INFORMASI]
Hefzallah, I.M. (2004). The New Educational Technologies and Learnig. USA : Charles C Thomas. Publisher, LTD.
Hidayat, Soleh. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Hughes, A.G& Hughes E.H. (2003). Learning&Teaching. Bandung: Nuansa
http://acenale.wordpress.com/2011/12/21/minat-belajar/
http://sumberrbelajar.files.wordpress.com/2013/09/kawasan-teknologi-pendidikan.pdf
http://sumberrbelajar.files.wordpress.com/2013/09/kawasan-teknologi-pendidikan.pdf
http://eprints.uny.ac.id/9813/2/BAB2%20-%2008111241026.pdf
Husaman. (2013). Fisiologi Sistem Pencernaan pada Hewan. Malang: UNM Terdapat pada [http://www.academia.edu/5612874/SISTEM_PENCERNAAN]
Isnaeni, wiwi. (2006). Fisisologi Hewan. Yogyakarta: Kanisius
Kemal. (2014). Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Kognitif. Terdapat pada [http://permasalahananakkita.blogspot.com/2011/02/faktor-yang-mempengaruhi-perkembangan.html]
Kusumawati, Dinar. (2014). Metabolisme. Terdapat pada [http://id.scribd.com/doc/6108825/Metabolisme]
Logman, A. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Majid, Abdul. (2007). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Mishra, S & Sharma R. (2005). Interactive Multimedia In Education and Training.USA: Idea Group Inc
Nuraeni, Eka. (2014). Kata Operasional Taksonomi Bloom Versi Terbaru untuk Jurusan Biologi. Terdapat dalam [http://www.e-bookspdf.org/view/aHR0cDovL2FtYWVrYS5maWxlcy53b3JkcHJlc3MuY29tLzIwMTIvMTEva2F0YS1vcGVyYXNpb25hbC10YWtzb25vbWktYmxvb20tdmVyc2ktYmFydTMucGRm/S2F0YSBPcGVyYXNpb25hbCBUYWtzb25vbWkgQmxvb20gVmVyc2kgQmFydQ==]
Purwanty, Leni. (2010). Pengaruh penggunaan multimedia dalam mata pelajaran akuntansi terhadap minat, motivasi dan prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 1 Turen. Terdapat dalam [http://library.um.ac.id/free-contents/index.php/pub/detail/pengaruh-penggunaan-multimedia-dalam-mata-pelajaran-akuntansi-terhadap-minat-motivasi-dan-prestasi-belajar-akuntansi-siswa-kelas-x-smk-negeri-1-turen-leny-purwanti-43042.html]
Riduwan. (2008). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: ALFABETHA
Ridwan, Wawan. (2011). Pengaruh Penggunaan Program Microsoft Excel dalam Pembelajaran Akuntansi Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Garut: IPI Garut
Sadiman, Arief, dkk. (2007). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sadulloh, Uyoh. (2003). Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
DOI: https://doi.org/10.31980/jls.v1i1.623
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Jurnal Life Science (JLS) adalah sebuah jurnal ilmiah yang secara regular dipublikasikan oleh Jurusan Pendidikan Biologi, Institut Pendidikan Indonesia (Jl. Pahlawan No.32, Garut). JLS berlisensi di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © Institut Pendidikan Indonesia-Garut.