ANALISIS TENTANG GAYA BELAJAR SISWA BERDASARKAN VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MAN 1 GARUT

Leni Sri Mulyani

Abstract


ABSTRAK

Keberhasilan belajar bisa dilihat dari aspek proses belajar  baik di sekolah maupun di rumah  salah satunya dapat dilihat dari learning style (LS) atau gaya belajar, sampai saat ini masih kita temukan fakta bahwa   pada setiap jenjang pendidikan di sekolah  masih banyak ditemukan hasil belajar yang belum mencapai ketuntasan minimal, terutama pada jenjang sekolah tingkat atas, dimana secara psikologi siswa usia SMA sudah menemukan model gaya belajar seperti apa yang bisa meningkatkan prestasinya, dalam penelitian ini, akan dianalisis urutan mengenai gaya belajar. Gaya belajar yang tidak sesuai dengan kondisi siswa berdampak pada tingkat pemahaman mata pelajaran yang rendah. Dalam  Penelitian ini mengambil judul “Analisis Gaya Belajar Siswa  Berdasarkan Kriteria VAK (Visual, Auditori, dan Kinestetik ) Pada Mata Pelajaran Biologi di MAN 1 GARUT”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gaya belajar siswa berdasarkan kriteria VAK. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Gaya Belajar Siswa  Berdasarkan Kriteria VAK (Visual, Auditori, Dan Kinestetik ) Pada Mata Pelajaran Biologi di MAN 1 Garut”. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Kabupaten Garut, Jawa Barat dan dilaksanakan pada bulan April – Mei 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantatif. Jumlah sampel yang diamati dalam penelitian ini adalah Kelas XI IPA MAN I dengan jumlah siswa sebanyak 150 siswa.. Hasil penelitian gaya belajar pada mata pelajaran Biologi Kelas XI IPA 1 di MAN I Garut tahun 2018 sebanyak 85,0%  responden adalah auditorial dengan kategori sangat  tinggi  dan sebanyak 2,5% kinestetik dengan kategori sangat rendah, dan visual  sebanyak 12,5% kategori sangat rendah.  Gaya belajar pada mata pelajaran Biologi Kelas XI IPA2 di MAN I Garut tahun 2018 sebanyak 84,6% responden adalah auditorial dengan kategori tinggi, sebanyak 12,8% visual dengan kategori sangat rendah dan sebanyak 2,6% kinestetik dengan kategori sangat rendah. Gaya belajar pada mata pelajaran Biologi Kelas X IPA 3 di MAN I Garut tahun 2018 sebanyak 77,8% adalah auditorial dengan kategori tinggi, sebanyak 13,9% visual dengan kategori sangat rendah dan sebanyak 8,3% kinestetik dengan kategori sangat rendah. Gaya belajar pada mata pelajaran Biologi Kelas XI IPA 4 di MAN I Garut tahun 2018 sebanyak 80,6% responden adalah auditorial dengan kategori tinggi, sebanyak 13,9% visual dengan kategori sangat rendah dan sebanyak 5,6% kinestetik dengan kategori sangat rendah. Gaya belajar secara umum pada mata pelajaran Biologi Kelas XI IPA di MAN I Garut tahun 2018 sebanyak 82,0% adalah auditorial dengan kategori tinggi, sebanyak 13,3% visual dengan kategori sangat rendah dan sebanyak 4,7% kinestetik dengan kategori sangat rendah.

 

Kata Kunci  : Gaya Belajar , VAK ( Visual, Audio, Kinestetik)


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Aunurahman, (2009-2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta

Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditori, dan Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014. Jurnal [online]:http://download.portalgaruda.org/article.php?article=329744&val=7689&title=ANALISIS%20KARAKTERISTIK%20GAYA%20BELAJAR%20VAK

Deporter, B., dan Hernacki, M. (2013), Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Cetakan ke-11, Kaifa: Bandung.

Dimyati, Mudjiono, CK (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Cipta Rineka.

Halim, Abdul. (2012). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Fisika siswa SMPN 2 Secanggang Kabupaten Langkat, Jurnal Tabularasa PPS UNIMED. Vol.9 No.2, Desember 2012

Jannah (2013). Hubungan Gaya Belajar Auditori dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP I Bancak Tahun ajaran 2013-2014.

Maidatul, Jannah (2013). Hubungan Gaya Belajar Auditori dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP I Bancak Tahun ajaran 2013-2014.

Musfiroh Takdirotun, Multiple Intelegences. [online]Tersedia: http://www.id.islamicsources.com/download/MULTIPLE%20INTELLIGENCES.pdf

Marsela, CK(2016). Identifikasi Gaya Belajar Siswa kelas X Terhadap Mata Pelajaran Biologi SMA Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016.[online]Tersedia:http://digilib.unila.ac.id/24564/20/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf

Nasution, S. (2010). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara

Ramlah, dkk. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Survey Pada SMP Negeri di kecematan Klari Kabupaten Karawang). Jurnal Ilmiah, (Online), Volume 1, No. 3.

Rosida, A. (2009). Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pendidikan Agama Islam Siswa SMA Negeri 5 Malang ”. Universitas

Islam Negeri (UIN). Malang.

Sundayana, R. (2013). Statistika Penelitian Pendidikan. Garut: STKIP Garut Press.

Sanusi Achmad, CK 1 (2015), CK 2 (2017). Sistem Nilai. Bandung: Nuansa. (hal 121 bag. 2 Multiple Intelligences).

Uno, Hamzah. (2010). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Cetakan ke-4. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Winataputra, dkk.(2008). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wahdaniah, CK(2016) Analisis Gaya Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA (Biologi) Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Mahluk Hidup di Kelas VIII SMP Negeri 14 pontianak. [online]Tersedia: http://repository.unmuhpnk.ac.id/537/1/WAHDINIAH.pdf

Wulandari, Yelianti, Gardjito, Ck (2015) Analisis Gaya Belajar Siswa dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI di SMA Negeri I Kota Jambi. [online] Tersedia : http://www.ecampus.fkip.unja.ac.id/eskripsi/data/pdf/jurnal_mhs/artikel/A1C410037.pdf.

Yurizki, Desita. (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan

Kinestetik Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Lab School Unsyiah. Jurusan Pendidikan Fisika FKIP Unsyiah, Darussalam Banda Aceh




DOI: https://doi.org/10.31980/jls.v1i1.625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Life Science (JLS) adalah sebuah jurnal ilmiah yang secara regular dipublikasikan oleh Jurusan Pendidikan Biologi, Institut Pendidikan Indonesia (Jl. Pahlawan No.32, Garut). JLS berlisensi di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © Institut Pendidikan Indonesia-Garut.