KAJIAN PENGGUNAAN BAHASA BAKU OLEH SISWA DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

Main Article Content

Dara Siti Nur Fauziyah Soehartono
Arief Loekman
Cecep Dudung Julianto

Abstract

Bahasa Indonesia baku seharusnya digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, baik bahasa
ragam lisan dan ragam tulis, karena salah satu fungsi bahasa Indonesia yaitu sebagai bahasa
pengantar dalam dunia pendidikan. Namun, dalam kenyataannya tidak sedikit siswa melakukan
kesalahan berbahasa, baik secara lisan maupun tulis. Melihat keadaan seperti itu, penulis tertarik
untuk melakukan penelitian mengenai penggunaan bahasa baku oleh siswa dalam kegiatan belajar
mengajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil yang
diperoleh yaitu penggunaan bahasa baku ragam tulis oleh siswa dinilai baik dan penggunaan bahasa
baku ragam tulis dinilai cukup baik.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Dara Siti Nur Fauziyah Soehartono, Institut Pendidikan Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 

Institut Pendidikan Indonesia Garut

Arief Loekman, Institut Pendidikan Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Institut Pendidikan Indonesia Garut

Cecep Dudung Julianto, Institut Pendidikan Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Institut Pendidikan Indonesia Garut