EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL SPEED READING DAN MODEL SKIMMING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT

Main Article Content

Siti Asiyah
Lina Siti Nurwahidah
Ari Kartini

Abstract

Penelitian ini bertitik tolok pada rendahnya kemampuan membaca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
efektivitas model speed reading dan model skimming dalam meningkatkan pembelajaran membaca cepat teks
nonsastra pada siswa kelas VII MTs- SA Nurul Falah Bungbulang. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan
pendekatan kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group. Hasil dari
penelitian ini yaitu ;(1) Model speed reading terbukti lebih efektif dalam meningkatkan pembelajaran membaca cepat
teks nonsastra. Model skimming terbukti kurang efektif dalam meningkatkan pembelajaran membaca cepat teks
nonsastra. Hal ini menunjukan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan membaca cepat antara siswa
yang mengikuti pembelajaran menggunakan model speed reading dengan siswa yang menggunakan model skimming.
Hal ini ditunjukkan oleh skor rata-rata tes akhir kelompok eksperimen 308,35 sedangkan rata-rata tes akhir kelompok
kontrol 177,65 dengan selisih 130,7. Artinya model pembelajaran lebih efektif digunakan dalam pembelajaran
membaca cepat ini. Diharapkan para guru terus melatih siswa membaca, karena keterampilan membaca merupakan
kunci dalam kehidupan.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Siti Asiyah, Institut Pendidikan Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Lina Siti Nurwahidah, Institut Pendidikan Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Institut Pendidikan Indonesia Garut

Ari Kartini, Institut Pendidikan Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 

Institut Pendidikan Indonesia Garut