KEMAMPUAN PENGGUNAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA PADA ANAK TUNAGRAHITA

Main Article Content

Annida Firdaus Nisa
Asep Nurjamin
Cecep Dudung Julianto

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada kemampuan penggunaan kosakata bahasa
Indonesia pada anak berkebutuhan khusus terutama pada anak tunagrahita.
Penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang dilakukan dalam penelitian ini pada
bentuk kosakata dasar dan kosakata berimbuhan. Metode yang digunakan dalam
penelitianini adalah metode deskriptif kualitatif, dilakukan dengan cara
mendeskripsikan tuturan para responden mengenai kosakata dasar dan kosakata
berimbuhan bahasa Indonesia. Hasil dari penelitian ini ialah 82,6% siswa yang
mampu memperoleh kosakata dasar dan 17,5% siswa yang mampu memperoleh
kosakata berimbuhan. Dapat dideskripsikan juga dari total 104 tututran kosakata
dasar dan 23 tuturan kosakata berimbuhan. Sehingga dari hasil analisis anak hanya
mampu dalam menunjukkan dan menyebutkan kosakata dasar dibandingkan dengan
kosakata berimbuhan, tetapi tidak sedikit anak mampu memperoleh kosakata
berimbuhan. Hal ini menunjukkan bahwa anak tunagrahita masih memiliki
kemampuan yang bisa dikembangkan sehingga guru memberikan latihan dan
bimbingan yang teratur.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Annida Firdaus Nisa, Institut Pendidikan Indonesia Garut

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Asep Nurjamin, Institut Pendidikan Indonesia Garut

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Cecep Dudung Julianto, Institut Pendidikan Indonesia Garut

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia