MODEL PEMBELAJARAN PEER TEACHING DAN COOPERATIVE SCRIP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KELAS XI SMAN 26 GARUT
Main Article Content
Abstract
Penelitian dengan judul “Efektivitas Model Peer Teaching pada Pembelajaran
Menulis Teks Eksplanasi Kelas XI SMAN 26 Garut” ini dilatarbelakangi oleh
kemampuan setiap siswa dalam keterampilan menulis, salah satunya yaitu menulis teks
eksplanasi. Terampil dalam menulis tentunya ada faktor pendukung dalam proses
belajar yaitu model pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui keefektifan model Peer Teaching dan Cooperative Scrip pada
pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMAN 26 Garut tahun ajaran
2019/2020. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang
dilakukan terhadap dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kontrol. Pendekatan
yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Adapun sampel yang ditetapkan adalah
24 siswa dari setiap kelas, yang dijadikan kelas eksperimen 24 siswa kelas XI IIS 1,
dan yang dijadikan kelas kontrol 24 siswa dari kelas XII IIS 3. Teknik pengolahan data
dilakukan dengan uji statistika dengan melakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan
uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji t menunjukan bahwa
tidak terdapat perbedaan keefektifan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi
dengan menggunakan model Cooperative Scrip dan model Peer Teaching pada siswa
kelas XI SMAN 26 Garut. Maka dapat disimpulkan, kedua model tersebut efektif
digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi kelas XI SMAN 26 Garut
Tahun Ajaran 2019/2020.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.