KORELASI ANTARA KECEPATAN MEMBACA TERHADAP PEMAHAMAN ISI BACAAN SISWA KELAS X SMAN 10 GARUT TAHUN AJARAN 2021/2022

Main Article Content

Adilawati Novia Putri
Agus Hamdani

Abstract

Penelitian ini berjudul “Korelasi antara Kecepatan Membaca Terhadap Pemahaman Isi
Bacaan Siswa Kelas X SMAN 10 Garut Tahun Ajaran 2021/2022”. Permasalahan yang
ditemukan yakni salah satunya dalam soal ujian Bahasa Indonesia sering terdapat teks
yang panjang, sedangkan waktu yang diberikan dibatasi sehingga banyak waktu yang
digunakan untuk mengerjakan satu soal dengan teks yang panjang. Tujuan penelitian ini
yakni untuk mendeskripsikan kecepatan membaca siswa SMA kelas X SMAN 10 Garut
Tahun ajaran 2021/2022, untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman isi bacaan siswa
SMA kelas X SMAN 10 Garut Tahun ajaran 2021/2022 dan untuk mendeskripsikan
korelasi antara kecepatan membaca terhadap pemahaman isi bacaan siswa SMA kelas X
SMAN 10 Garut Tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif
deskriptif dengan pengambilan sampel satu kelas yang berjumlah 36 siswa. Untuk
mengetahui hubungan antara kecepatan membaca dengan pemahaman isi bacaan siswa
peneliti menggunakan koefisien korelasi person product moment. Pengumpulan data
yang dilakukan pertama mencari kecepatan membaca dengan menghitung kecepatan
membaca berdasarkan rumus KEM. Kedua, pemahaman isi bacaan yang dilakukan
melalui teknik tes. Jadi, hasil penelitian yang dapat peneliti temukan adalah kecepatan
membaca siswa kelas X SMAN 10 Garut Tahun Ajaran 2021/2022 dengan rata-rata
kecepatannya adalah 124,3 kpm termasuk ke dalam kategori rendah dan ini setara dengan
tingkat SD. Untuk kemampuan memahami teks bacaan yang telah dibaca dengan
kecepatan membaca yang dimiliki siswa kelas X SMAN 10 Garut Tahun Ajaran
2021/2022 juga dikategorikan rendah dengan skor rata-rata 69,87. Hasil penelitian ini
terdapat hubungan antara kecepatan membaca terhadap pemahaman isi bacaan siswa
kelas X SMAN 10 Garut Tahuh Ajaran 2021/2022 dengan nilai koefisien 0,89804293.
Berdasarkan nilai koefisien tersebut dapat dikategorikan bahwa hubungan keduanya
sangat kuat artinya kategori kecepatan membaca rendah pemahamannya pun rendah.
Perhitungan uji signifikan, thitung lebih besar dari ttabel yang berarti terdapat hubungan yang
signifikan antara kecepatan membaca terhadap pemahaman isi bacaan siswa kelas X
SMAN 10 Garut Tahun Ajaran 2021/2022, hubungan ini terjadi karena kecepatan
membacanya rendah pemahamannya pun sama. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat
korelasi yang signifikan antara kecepatan membaca terhadap pemahaman isi bacaan
siswa kelas X SMAN 10 Garut.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Adilawati Novia Putri, Institut Pendidikan Indonesia Garut

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Agus Hamdani, Institut Pendidikan Indonesia Garut

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia