KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA PADA ANAK TUNARUNGU DI SLB C YKB GARUT

Main Article Content

Laila Liriza Almatsani
Agus Hamdani
Ninah Hasanah

Abstract

Penelitian dengan judul, “Efektivitas Metode Scramble dalam Meningkatkan
Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana pada Anak Tunarungu di SLB C YKB Garut”
ini dilatarbelakangi oleh masih terbatasnya anak tunarungu dalam menulis kalimat
sederhana. Berdasarkan pemasalahan tersebut peneliti menerapkan metode Scramble
untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana pada anak tunarungu.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode Scramble
dalam meningkatkan keterampilan menulis kalimat sederhana pada anak tunarungu di
SLB C YKB Garut. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitianeksperimen
yaitu dengan tipe Single Subject Research (SSR) atau penelitian dengan subjek tunggal.
Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah A-B-A-B, dengan subjek penelitian
yaitu anak tunarungu.Teknik pengumpulan data menggunakan tekniktes yaitu tes tertulis
yang dilakukan pada saat pelaksanaan Baseline dan Intervensi, wawancara dan
observasi. Teknik pengolahan data menggunakan analisis visual dalam kondisi dan
analisis visual antar kondisi, untuk hasil observasi dan wawancara menggunakan reduksi
data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode
Scramble efektif untuk meningkatkan keterampilanmenulis kalimat sederhana pada anak
tunarungu di SLB C YKB Garut.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Laila Liriza Almatsani, Institut Pendidikan Indonesia Garut

Pendidikan Bahasadan Sastra Indonesia

Agus Hamdani, Institut Pendidikan Indonesia Garut

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Ninah Hasanah, Institut Pendidikan Indonesia Garut

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia