ANALISIS PENGGUNAAN AFIKS PADA KARANGAN DESKRIPSI KARYA SISWA KELAS X SMA YAYASAN BADAHIYATUL FALAH (Yabafa) TAHUN AJARAN 2021/2022

Main Article Content

Intan Fadilah
Abdul Hasim
Ninah Hasanah

Abstract

Penelitian ini berjudul,“ Analisis Penggunaan Afiks pada Karangan Deskripsi Karya
Siswa Kelas X SMA Yayasan Badahiyatul Falah (Yabafa) Tahun Ajaran 2021/2022”. Penelitian
ini dilatarbelakangi oleh masih adanya siswa yang belum tepat dalam menggunakan afiks
terkhusus dalam penggunaan afiks di-, nya-, ber-, dan me-. Pada penelitian ini akan dianalisis
ketepatan penggunaan afiks yang meliputi prefiks, infiks, sufiks, konfiks dan kombinasi afiks.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah ketepatan penggunaan
afiks pada karangan deskripsi karya siswa kelas X SMA Yayasan Badahiyatul Falah (Yabafa)
tahun ajaran 2021/2022 ? (2) Afiks apa sajakah yang digunakan pada karangan deskripsi karya
siswa kelas X SMA Yayasan BadahiyatulFalah (Yabafa) tahun ajaran 2021/2022 ?. Penelitian
ini bertujuan (1) Mengetahui ketepatan penggunaan afiks pada karangan deskripsi karya siswa
kelas X SMA Yayasan Badahiyatul Falah (Yabafa) tahun ajaran 2021/2022 (2) Mengetahui afiks
yang digunakan pada karangan deskripsi karya siswa kelas X SMA Yayasan Badahiyatul Falah
(Yabafa) tahun ajaran 2021/2022.
Sumber data dalam Penelitian ini adalah karangan deskripsi karya siswa kelasX SMA
Yabafa. Teknik pengumpulan pada penelitian ini berupa teknik dokumentasi. Pada teknik ini
peneliti menganalisis karangan deskripsi karya siswadengan tema yang berbeda-beda. Data yang
terkumpul berjumlah 20 karangan deskripsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode deskriptif analitik. Teknik analisis yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan
langkah-langkah mengidentifikasi, mengklasifikasi, pendeskripsian, dan penyimpulan data.
Ketepatan penggunaan afiks pada karangan deskripsi karya siswa berjumlah 250 dan
ketidaktepatannya berjumlah 26 kata berafiks. Jadi, jumlah keseluruhan penggunaan afiks pada
karangan deskripsi karya siswa berjumlah 276 kata berafiks.
Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa dari 20 karangan deskripsi yang dianalisis,
diperoleh penggunaan afiks dengan rincian sebagai berikut: prefiks sebanyak 151 dengan prefiks
me- sebanyak 45, ber- 64, di- sebanyak 12, ter- sebanyak 24, se- sebanyak 3, dan pe- sebanyak
3. Selain penggunaan prefiks, siswajuga menggunakan sufiks sebanyak 24 dengan sufiks –an
sebanyak 15, sufiks -i sebanyak 5, sufiks –nya sebanyak 3, sufiks –kan sebanyak 1. Penggunaan
konfiksyang digunakan sebanyak 38 dengan konfiks ke-an sebanyak 17, ber-an sebanyak 1,
peN-an sebanyak 10, per-an sebanyak 8, dan se-nya sebanyak 2. Penggunaan kombinasi afiks
sebanyak 63. Afiks yang paling banyak digunakan yaitu prefiks ber- sebanyak 64 dan prefiks
me- sebanyak 45.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Intan Fadilah, Institut Pendidikan Indonesia Garut

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Abdul Hasim, Institut Pendidikan Indonesia Garut

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Ninah Hasanah, Institut Pendidikan Indonesia Garut

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia