EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS VII SMPN 3 TAROGONG KIDUL TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Main Article Content
Abstract
Penelitian dengan judul “Efektivitas Pembelajaran Menulis Teks Prosedur dengan Model
Picture and Picture pada Siswa Kelas VII SMPN 3 Tarogong Kidul TahunPelajaran
2022/2023” ini dilatarbelakangi karena kesulitan siswa dalam pengembangan ide saat
menyusun langkah-langkah teks prosedur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
efektivitas pembelajaran menulis teks prosedur dengan model Picture and Picture pada
siswa kelas VII SMPN 3 Tarogong Kidul, mengetahui tanggapan siswa dan guru
menggunakan model Picture and Picture.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode pre-experimental design dan desain yang digunakan dalam
penelitian ini adalah one group pretest postest design. Adapun populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Tarogong Kidul yangberjumlah 332 siswa,
sedangkan sampel yang ditetapkan adalah siswa kelas VII I yang berjumlah 37 siswa
dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulandata menggunakan tes, kuesioner
dan wawancara. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji statistika terhadap nilai
pretest dan postest dengan menggunakan uji liliefors, uji homogenitas dan uji t. Teknik
pengolahan data hasilkuesioner digunakan perhitungan persentase kepuasan dan untuk
pengolahan data hasil wawancara menggunakan penyajian data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Picture and Picture efektif dalam
meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur, hal tersebut dikuatkan dengan hasil uji
t diperoleh hasil thitung = 9,66 > ttabel 1,69552 = dan ttabel =2,45282, (1,69552 < 9,66
>2,45282) makaHo ditolak dan Ha diterima, artinya model Picture and Picture efektif
terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMPN 3 Tarogong Kidul.
Selain itu, berdasarkan penganalisisan data hasil wawancara kepada guru model bahwa
pada saat pembelajaran menulis teks prosedur yang menggunakan model Picture and
Picture merespon positif, mengatakan bahwa siswa antusias dalam pembelajaran karena
dengan model Picture and Picture memudahkan siswa dalam mengungkapkan gagasan
atau pendapat yang dimilikinya berdasarkan urutan yangsistematis. Berdasarkan hasil
tersebut, pada penelitian selanjutnya pemilihan model Picture and Picture serta
penyampaian materi atau bahan ajar disarankan untuk lebih dikembangkan lagi, karena
proses pembelajaran serta modelpembelajaran sangat berpengaruh terhadap hasil belajar
siswa.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.