ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA PADA TOKOH NOVEL “TRAUMA” KARYA BOY CANDRA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA

Main Article Content

Fikri Taufik Hidayat
Didin Sahidin
Iin Indriyani

Abstract

Pendekatan psikologi sastra ini menekankan penelitian berkaitan dengan aspek atau
ilmu kejiwaan yang dikemukakan oleh Sigmund Freud dan menganalisisaspek tersebut
melalui tokoh lewat kutipan yang terdapat dalam novel. Tujuan dilakukannya penelitian ini
sejalan dengan rumusan masalah yang sudah ditentukanyaitu untuk mengetahui aspek id,
aspek ego, aspek super ego yang ada pada tokohutama dan untuk mengetahui kelayakan
novel “Trauma” karya Boy Candra untuk dijadikan sebagai salah satu bahan ajar sastra di
SMA. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti pada penelitian ini yaitu
menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik studi pustaka untuk
mengumpulkan data yang dibutuhkan.Sumber data yang digunakan untuk penelitian ini
adalah novel “Trauma” karya BoyCandra, data yang ditemukan pada novel ini merupakan
data yang berasal dari kutipan-kutipan yang terdapat dalam novel yang mengandung aspek
id, aspek ego dan super ego. Data aspek id yang ditemukan sebanyak lima puluh enam
kutipan dengan persentase sebesar 35,6% yang isinya berupa data yang berkaitan dengan
kebutuhan diri pribadi sebagai bentuk aspek id seperti kebutuhan kasih sayang, sandang
dan pangan, kebutuhan sosial yaitu interaksi dengan orang lain, sedangkan aspek ego
ditemukan sebanyak tiga puluh satu dengan persentase sebesar 30,7% yang berisi kutipan
data berupa hasil tindak lanjut apabila aspek id tidak dapat terpenuhi yang mempunyai
bentuk seperti tidak dapat berpikir jernih dan mementingkan diri sendiri sehingga
terkadang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain, dan aspek super ego ditemukan
sebanyak tiga puluh empat dengan persentase sebesar 33,7% yang berisi kutipan data-data
yang berisi tentang penilaian terhadap kejadian yang sudah terjadi seperti bentuk
penyesalan, kekecewaan, kebahagiaan, dan dorongan untuk menjadi lebih baik. Novel
“Trauma” karya Boy Candra ini layak dijadikan bahan ajar sastra di SMA setelah
memenuhi kriteria pemilihan bahan ajar seperti aspek bahasa, aspek psikologi, danaspek
latar budaya. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat aspek id, aspek ego,dan aspek
super ego pada novel “Trauma” karya Boy Candra dan layak untuk dijadikan salah satu
bahan ajar sastra di SMA.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Fikri Taufik Hidayat, Institut Pendidikan Indonesia Garut

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Didin Sahidin, Institut Pendidikan Indonesia Garut

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Iin Indriyani, Institut Pendidikan Indonesia Garut

Pendididkan Bahasa dan Sastra Indonesia