EFEKTIVITAS TEKNIK 5W+1H BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK BERITA

Main Article Content

Siti Marfuah
Asep Nurjamin
Umi Kulsum

Abstract

Penelitian dengan judul “Efektivitas Teknik 5W+1H Berbantu Media Audio Visual
untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Berita (studi quasi eksperimen pada
siswa kelas VIII SMPN 3 Tarogong Kidul Tahun Ajaran 2022/2023) ini
dilatarbelakangi oleh kurang bervariasinya penggunaan media pembelajaran
sehingga mempengaruhi penguasaan keterampilan berbahasa khususnya
keterampilan menyimak. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan
keterampilan menyimak siswa kelas kontrol SMPN 3 Tarogong Kidul sebelum
menggunakan teknik 5W+1H berbantu media audio visual; 2) mendeskripsikan
keterampilan menyimak siswa kelas eksperimen SMPN 3 Tarogong Kidul setelah
menggunakan teknik 5W+1H berbantu media audio visual; 3) mendeskripsikan
perbandingan keterampilan menyimak siswa kelas kontrol yang tidakmenggunakan
teknik 5W+1H berbantu media audio visual dengan siswa kelas eksperimen yang
menggunakan teknik 5W+1H berbantu media audio visual SMPN3 Tarogong Kidul.
Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain posttest-only control
design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII
SMPN 3 Tarogong Kidul yang berjumlah 9 kelas, dengan sampel 2 kelas untukkelas
eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data hanya menggunakantes,
sementara teknik pengolahan data dengan uji statistika terhadap nilai pretest dan
posttest menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji “t”. Hasil penelitian
menunjukan bahwa: terdapat perbandingan antara kelas kontrol yang tidak
menggunakan teknik 5W+1H berbantu media audio visual dengan kelaseksperimen
yang menggunakan teknik 5W+1H berbantu media audio visual. Dimana pada kelas
eksperimen yang mendapat perlakuan (treatment) rata-rata pada posttest 83.20,
sedangkan di kelas kontrol yang tidak mendapat perlakuan (treatment) rata-rata pada
posttest 76.54. Dari hasil tersebut bisa dilihat jika kelas eksperimen yang diberi
perlakuan teknik 5W+1H berbantu media audio visual lebihefektif dan meningkatkan
keterampilan menyimak siswa dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak
menggunakan teknik 5W+1H berbantu media audio visual.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Siti Marfuah, Institut Pendidikan Indonesia Garut

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Asep Nurjamin, Institut Pendidikan Indonesia Garut

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Umi Kulsum, Institut Pendidikan Indonesia Garut

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia