PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SUGESTOPEDIA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 TAROGONG KALER GARUT TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih banyak siswa yang masih tidak paham penulisan
puisi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis puisi sesudah memakai
metode sugestopedia agar siswa mampu dan paham mengenai penulisan puisi ini. Metode yang
akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen,dan metode one grup pretes
postes. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1
Tarogong Kaler, sedangkan sampel yang ditetapkan adalah siswa kelas VIII G yang berjumlah
36 siswa dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan
tes. Teknik pengolahan data dilakukan dengan uji statistika terhadap nilai pretes dan postes
dengan menggunakan uji liliefors, uji X2 dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1)
berdasarkan hasil penelitian Sebelum menggunakan metode suggestopedia pada siswa kelas
VIII G SMPN 1 Tarogong Kaler rata-ratanya sebesar 56,9, dan simpangan baku sebesar 5,
dengan nilai terendah 45, dan nilai tertinggi 65, (2) sesudah menggunakan metode sugestopedia
nilai rata-rata siswa sebesar 66.6, dan simpangan baku 6 dengan nilai terendah sebesar 50, dan
nilai tertinggi sebesar 75. (3) terdapat pengaruh penggunaan metode suggestopedia dalam
penggunaan menulis puisi. Hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan hasil perhitungan dari uji
thitung = 8 > ttabel = 1,6973 dan ttabel = 2,4573, (1,6973 < 8 > 2,4573). Dengan demikian Ho
ditolak dan Ha diterima,metode ini rupanya masih sangat sederhana dan mudah diterapkan
kepada siswa, kepada guru lebih ditingkatkan lagi penggunaan metode sugestopedia ini untuk
kedepannya Jadi, metode suggestopedia ini layak dipergunakan.
Untuk saran metode ini dijadikan sebagai bahan pengetahuan baru untuk siswa dan guru dalam
keterampilan menulis puisi dengan menggunakan metode suggestopedia sehingga metode ini
dapat mengimplementasikan suasana dan penggunaan media di dalam kelas.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.