KAJIAN TOKOH NOVEL “SELENA”KARYA TERE LIYE SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR SASTRA DI SMP

Main Article Content

Ai Nurnina
Ardi Mulyana Haryadi
Iin Indriyani

Abstract

Penelitian ini mencoba untuk menganalisis tokoh utama yaitu seorang anak gadis remaja yang
berusia lima belas tahun. Sejak kecil ia merupakan anak yatim piatu karena kedua orang tuanya
telah meninggal. Tokoh utama dalam novel “Selena” mempunyai kepribadian pada diri yang
menarik untuk dikaji. Ia memilki kelebihan dari segi ketajaman mata hatinya. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan id, ego, dan superego dari tokoh tersebut dan mengkaji
sebagai bahan ajar sastra di SMP. Id pada tokoh utama dalam novel “Selena” karya Tere Liye
Selena adalah anak yang memiliki sifat bawaan dari sejak lahir dengan memiliki sifat jiwa
kuat, tegar, masa bodo, cerdas, dan rajin. Ego pada tokoh utama memiliki karakteristik
ceroboh, teliti, royal, rajin, sombong, kuat, ragu-ragu, memilki cita-cita, amarah, cemas, kesal,
dan pemarah. Superego membatasi tokoh utama supaya sesuai dengan norma dan peraturan
yang berlaku. Sifat tokoh utama adalah penurut, teliti, mandiri, tegas, ragu-ragu, puas,
serakah, dan baik hati. Dari segi kelayakan sebagai alternatif bahan ajar, novel “Selena” Karya
Tere Liye menggunakan bahasa gaul, konotasi atau kiasa, dan bahasa yang dapat dipahami
pembaca. Dengan demikian novel “Selena” karya Tere Liye layak dijadikan sebagai bahan ajar
sastra di SMP.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Ai Nurnina, Institut Pendidikan Indonesia Garut

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Ardi Mulyana Haryadi, Institut Pendidikan Indonesia Garut

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Iin Indriyani, Institut Pendidikan Indonesia Garut

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia