PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SILABA PADA SISWA KELAS 5 YANG BERKESULITAN MEMBACA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektif tidaknya metode silaba dalam
meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 5 yang berkesulitan
membaca. Metode penelitian menggunakan pre-experimental design, desain one
group pretest posttest design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas 5, sampel yang
ditetapkan 6 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu tes lisan. Teknik pengolahan data
dilakukan dengan uji statistika yaitu uji liliefors dan uji Binomial. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa metode silaba dapat menjadi alternatif yang efektif dalam
mengatasi kesulitan membaca pada siswa kelas 5. Berdasarkan Uji Binomial
diperoleh P (X≤0) = 2 (0, 0156) = 0, 0312 , karena 0,0312< 0,05 maka H0 ditolak dan
hipotesis alternative diterima artinya terdapat Pengaruh metode silaba terhadap
peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 5 yang berkesulitan
membaca.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.