PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SILABA PADA SISWA KELAS 5 YANG BERKESULITAN MEMBACA

Main Article Content

Tia Maryani
Deasy Aditya Damayanti
Asep Nurjamin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektif tidaknya metode silaba dalam
meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 5 yang berkesulitan
membaca. Metode penelitian menggunakan pre-experimental design, desain one
group pretest posttest design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas 5, sampel yang
ditetapkan 6 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu tes lisan. Teknik pengolahan data
dilakukan dengan uji statistika yaitu uji liliefors dan uji Binomial. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa metode silaba dapat menjadi alternatif yang efektif dalam
mengatasi kesulitan membaca pada siswa kelas 5. Berdasarkan Uji Binomial
diperoleh P (X≤0) = 2 (0, 0156) = 0, 0312 , karena 0,0312< 0,05 maka H0 ditolak dan
hipotesis alternative diterima artinya terdapat Pengaruh metode silaba terhadap
peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 5 yang berkesulitan
membaca.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Tia Maryani, Institut Pendidikan Indonesia Garut

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Deasy Aditya Damayanti, Institut Pendidikan Indonesia Garut

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Asep Nurjamin, Institut Pendidikan Indonesia Garut

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia