Korelasi Antara Hasil Belajar Bahasa Indonesia dengan Kemampuan Literasi Siswa Kelas VII SMPN 1 Garut Tahun Pelajaran 2022/2023

Main Article Content

Alman Imanudin
Mita Damayanti
Sally Nur Nazmy
Widni Nisah
Ari Kartini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan hasil belajar bahasa Indonesia dengan
kemampuan literasi siswa kelas VII SMPN 1 Garut. Metode penelitian yang digunakan
adalah kuantitatif dengan menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Data dikumpulkan
melalui tes membaca pemahaman dan dokumentasi hasil belajar siswa. Populasi penelitian
ini terdiri dari 40 siswa dengan sampel sebanyak 21 siswa yang dipilih menggunakan metode
random sampling. Analisis data menggunakan uji korelasi Rank Spearman menunjukkan
nilai signifikansi (sig) sebesar 0,128 lebih besar dari alpha 0,05. Hasil tersebut menunjukkan
bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar dengan kemampuan
literasi siswa. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung (1,86) lebih kecil dari ttabel (2,0930).
Oleh karena itu, hipotesis nol (Ho) diterima. Sehingga dapat disimpulkan hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar bahasa
Indonesia dengan kemampuan literasi siswa Kelas VII di SMPN 1 Garut.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Alman Imanudin, Institut Pendidikan Indonesia Garut

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Mita Damayanti, Institut Pendidikan Indonesia Garut

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Sally Nur Nazmy, Institut Pendidikan Indonesia Garut

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Widni Nisah, Institut Pendidikan Indonesia Garut

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Ari Kartini, Institut Pendidikan Indonesia Garut

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia